Senin, Juli 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Anggota Paskibra Provinsi Bali Gede Danu Berbagi Rahasia Lolos Pasukan 8 HUT ke-78 RI 

DENPASAR – I Gede Danu Karyikeya Wirawan (16) adalah salah satu anggota Paskibraka HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023 di Provinsi Bali, bagikan kiat-kiat rahasia bisa lolos menjadi pengibar bendera dipasukan 8.

“Semua hasil ini tidak terlepas dari proses latihan dan kerja keras selama ini. Karena untuk bisa menjadi bagian dari Paskibraka ini ada lika-liku dan proses seleksi yang harus kami lakukan dengan ketat,” ucap Danu usai sukses menjalankan tugas bersama teman-teman sebagai Paskibraka, kepada media saat ditemui di lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Kamis (17/8/2023).

Remaja kelahiran 21 Januari 2007 itu mengungkap sebuah rahasia dibalik terpilihnya saat masa seleksi, perlu adanya kedisiplinan diri. Tidak hanya itu, Danu Siswa kelas 2 SMA N 2 Abiansemal, Badung itu mengatakan sangat didukung oleh kedua orang tuanya. Mulai dari memperhatikan waktu istirahat, pola makan, pola latihan fisik, nasehat dan pengetahuan umum saat masa seleksi.

Selain itu, para anggota Paskibraka itu mengikuti seleksi yang ketat. Mulai dari tes Psikologi, tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU) melalui aplikasi, serta tes peraturan baris-berbaris (PBB).

Kemudian tes fisik atau kesemaptaan, yang meliputi lari, push up, sit up, pull up, chining dan shuttle run. Dan tes kepribadian dengan wawancara mendalam dan tes minat bakat, sebelum akhirnya terpilih.

“Saya merasa sangat bangga dan terharu mampu melakukan tugas pada peringatan Hari kemerdekaan RI yang ke-78 dengan baik walaupun di tengah derasnya hujan,” ujar remaja 16 tahun itu.

Baginya, menjadi bagian dari Paskibraka adalah cita-citanya sejak kecil. Untuk itu dia sangat tekun mengikuti masa seleksi dan saat masa latihan. Menurutnya itu adalah kunci kesuksesannya sehingga terpilih menjadi bagian dari anggota Paskibraka.

“Sangat bersyukur dan senang karena menjadi anggota Paskibraka adalah cita-cita dari kecil. Orang tua saya sangat mendukung dan akhirnya tercapai,” imbuh Danu.

Tidak lupa, dia pun berpesan kepada sesama generasi muda di Bali agar selalu mengasah potensi diri. Sehingga bisa membanggakan orang tua, bangsa dan negara.

“Kita (generasi muda) harus memiliki sikap nasionalisme, patriotisme dan belajar dengan sungguh-sungguh sebagai bukti bahwa kita mencintai bangsa dan negara,” tegas Danu yang ingin melanjutkan pendidikan di Akdemi Militer itu.

Sementara, Ni Made Yuni Dianantari, ibu Danu, yang hadir menyaksikan putra semata wayangnya itu mengatakan sebagai orang tua mereka selalu mendukung apa yang menjadi cita-cita anak.

“Sebagai orang kami sangat mendukung ketika dia (Danu) mimilih untuk menjadi bagian dari Paskibraka Provinsi Bali 2023. Itu adalah wujud baktinya pada negara, kami hanya mendukung dengan selalu mendoakan yang terbaik untuk Danu,” ucap Kepala Pelaksana Penagihan Unit PDAM Badung itu.(ENDG)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER