Senin, Mei 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Antisipasi Kelangkaan, Pemkot Usulkan Penambahan Kuota Gas LPG 3 Kg

DENPASAR – Mengantisipasi kelangkaan gas bersubsidi, Pemkot Denpasar, Bali, mengusulkan penambahan kuota, dalam rapat koordinasi penyediaan dan pendistribusian LPG Tabung 3 Kg di Provinsi Bali yang digelar di Gedung Jaya Sabha, Kamis (7/3/2024).

Dalam pertemuan itu, Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, bersama Dirjen Kementrian ESDM, Tutika Ariadji serta pimpinan Kabupaten se-Bali, mencari solusi guna memastikan pasokan elpiji kembali normal dan aman bagi konsumen.

“Kami memprioritaskan kebutuhan masyarakat Denpasar. Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan pihak terkait guna menangani masalah ini dengan cepat dan efektif,” kata Walikota Jaya Negara.

Dia menjelaskan, pertemuan ini dilaksanakan sebagai respons terhadap kelangkaan suplai elpiji 3 Kg di wilayah Kota Denpasar. Dimana, situasi ini mempengaruhi pasokan energi penting ini di wilayah kabupaten/Kota di Bali.

Dalam kesempatan tersebut Jaya Negara menyampaikan keprihatinannya atas dampak yang ditimbulkan oleh kejadian tersebut terhadap masyarakat setempat. Hal ini mengingat elpiji 3 kg menjadi kebutuhan penting masyarakat, terutama yang menengah kebawah.

Dalam kesempatan tersebut juga turut dibahas langkah-langkah preventif yang dapat diambil untuk mencegah terulangnya kejadian serupa di masa mendatang.

Ditambahkan, Dirjen Migas, Tutuka Ariadji menanggapi serius kekhawatiran yang disampaikan oleh Walikota Denpasar beserta Bupati lainnya. Pihaknya mengaku siap untuk bekerja sama dalam menyelesaikan masalah kelangkaan pasokan elpiji 3 Kg di wilayah Bali.

“Terkait kelangkaan pasokan LPG 3 Kg, penurunan pasokan pada Tahun 2024 memang terjadi di hampir seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia, kami akan melakukan evaluasi terkait masalah ini untuk memastikan kelancaran pasokan LPG 3 Kg di wilayah Kabupaten/Kota yang terdampak di Bali dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegah kejadian serupa di masa depan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari mengatakan adapun usulan kuota LPG 3 Kg Pemkot Denpasar Tahun 2024 sebanyak 57.147.084 Kg.

Dari jumlah tersebut adapun rinciannya yakni jumlah KK miskin sebanyak 2.501 KK dengan kuota penggunaan 4 kali dalam sebulan menjadi 120.048 Tabung dalam setahun. Sedangkan usaha mikro sebanyak 15.023 dengan kuota penggunaan 3,5 tabung per hari dengan jumlah selama setahun sebanyak 18.928.980 Tabung dalam setahun. (WIR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER