Sabtu, Juni 15, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bapang Barong Ket Duta Denpasar Tampil Memukau di PKB XLIV

DENPASAR – Kesenian Bapang Barong Ket Duta Kota Denpasar, Bali, tampil memukau pada ajang bergengsi Lomba Bapang Barong Ket, serangkaian Pesta Kesenian Bali (PKB) XLV Tahun 2023 di Panggung Terbuka Nitya ISI Denpasar.

Sekeha Gita Widya Kencana Kelurahan Padangsambian, yang ditunjuk mementaskan Kesenian Bapang Barong Ket Duta Kota Denpasar itu, mampu memukau penonton.

Koordinator Sekeha, I Ketut Purwantha SPd, Selasa (20/6/2023) mengatakan, garapan Barong Ket Duta Kota Denpasar mengangkat judul Banaspati Raja. Dimana, Barong ket merupakan alkuturasi budaya Hindu dengan kebudayaan Bali kuno khususnya bercorak Bhuda.

“Tari barong juga disebut tari Banaspati Raja (Raja Hutan) yang bentuk gerak dan anatominya digambarkan sebagai singa, macan, atau sapi. Dalam pementasan ini Barong diceritakan sebagai raja hutan dengan berbagai tingkah lakunya,” jelasnya.

Dalam kesehariannya, kata Purwantha, Raja Hutan ini selalu bersama salah satu penghuni hutan, yaitu seekor Monyet. Diceritakan sekelompok petani yang marah karena ladangnya selalu rusak, disebabkan oleh monyet yang biasa mencari makan di ladang milik petani.

Karena telah meresahkan, akhirnya sekelompok petani memburu binatang yang selalu merusak ladang mereka, namun tanpa sadar, para petani tidak mengetahui kalau disana juga ada raja hutan yang tengah tertidur. Lantaran merasa terganggu, raja hutan menjadi marah, mengamuk dan akhirnya mengejar para petani tersebut.

Makna yang dibangun dalam cerita ini, yaitu bagaimana manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ciptaan-Nya yang diberikan akal dan pikiran, hendaknya mampu menjaga harmonisasi hubungan antar sesama makhluk hidup lainnya, serta mampu menjaga kelestarian lingkungannya.

“Sehingga, dapat terciptanya keharmonisan hubungan yang selaras antara alam beserta isinya,” kata Purwantha.

Dalam kesempatan tersebut, Barong Ket Duta Kota Denpasar tampil bersama tiga duta lainya, yakni Barong Ket Duta Kabupaten Bangli, Duta Kabupaten Badung, dan Duta Kabupaten Tabanan.

Sementara itu, Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara memberikan apresiasi sekaligus bangga dengan penampilan Barong Ket Duta Kota Denpasar serangkaian Wimbakara/Lomba Bapang Barong Ket serangkaian Pesta Kesenian Bali (PKB) XLV Tahun 2023. Menurutnya, Duta Kota Denpasar telah menampilkan yang terbaik dan optimal.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Tim Barong Ket Duta Kota Denpasar yang diwakili Sekeha Gita Widya Kencana, Kelurahan Padangsambian yang sukses tampil spektakuler dan luar biasa apik,” ucap Jaya Negara. (WIR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER