Rabu, Mei 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bupati Gianyar Lepas Kontingen Tani Nelayan Andalan

GIANYAR-Penjabat Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa melepas peserta pekan daerah (Peda) kontak tani nelayan andalan (KTNA) Kabupaten Gianyar Tahun 2024, di ruang sidang utama kantor bupati.

“Pekan Daerah petani dan nelayan merupakan agenda rutin yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali yang dimulai sejak tahun 1973. PEDA KTNA merupakan wahana tukar menukar informasi dan pengalaman serta pengembangan kemitraan dan jejaring kerjasama para petani dan nelayan,” kata PJ Bupati Gianyar, dalam siaran pers Diskominfo Gianyar, Kamis

PEDA KTNA yang Ke XXVII tahun 2024 terasa sangat istimewa, mengingat Kabupaten Gianyar ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan. Untuk itu kontingen Gianyar diharapkan dapat memberikan informasi yang benar dan sebaik-baiknya tentang Kabupaten Gianyar kepada peserta dari Kabupaten/Kota lainnya.

Bupati Dewa Tagel mengatakan tantangan pembangunan pertanian dewasa ini adalah alih fungsi lahan pertanian dan rendahnya minat generasi muda di bidang pertanian.

“Guna menjawab berbagai permasalahan yang ada, perlu peningkatan kualitas sumber daya manusia pertanian utamanya petani, petugas atau penyuluh yang harus terus ditingkatkan baik melalui kegiatan pelatihan maupun pertemuan-pertemuan yang berskala regional maupun nasional,” tuturnya.

Melalui kegiatan PEDA KTNA ini diharapkan dapat membangkitkan semangat, tanggung jawab, dan kemandirian pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan, di samping itu juga penyelenggaraan Peda antara lain sebagai wadah memvisualisasikan kreativitas dan inovasi mengelola potensi pertanian, perikanan, kelautan dan kehutanan dengan berbagai teknologi tepat guna dan juga modern.

Melalui pelaksanaan Peda ini diharapkan terjadi interaksi diantara pelaku utama pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan dengan para pemangku pembangunan pertanian baik pemerintah, pengusaha pertanian swasta, BUMN, pakar dan pemerhati pertanian serta lembaga penelitian untuk menyelesaikan permasalahan yang timbul dalam pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan di pedesaan.

“Di samping itu pula, setelah selesai mengikuti Peda tersebut hendaknya saudara dapat menerapkan berbagai teknologi terkini yang diperoleh selama Peda yang diyakini dapat untuk meningkatkan produktivitas usaha tani di lapangan,” ujar dia.

Sementara itu, I Made Arsa Wijaya selaku Ketua Kontingen KTNA Gianyar mengatakan bahwa kontingen Gianyar memikul dua tanggung jawab besar.

“Tanggung jawab sebagai kontingen, dan sebagai tuan rumah di mana PEDA KTNA yang ke-27 ini akan dilaksanakan di areal Pura Samuantiga, oleh karena itu dalam kesempatan yang baik ini kami mohon arahan tuntunan dan bimbingan kepada bapak PJ.Bupati agar kedua tanggung jawab besar tersebut dapat kami emban dengan baik sehingga dapat berjalan dengan sukses. Sukses sebagai tuan rumah dan sukses sebagai kontingen,” katanya.

Dijelaskannya, kontingen Kabupaten Gianyar berjumlah 38 orang, sehingga dari semua sub sektor pertanian sudah terwakilkan untuk mengikuti PEDA KTNA.

“Kami juga sudah dibekali pengetahuan oleh pendamping di bawah naungan dinas Pertanian Kabupaten Gianyar, sehingga kami ada bekal untuk mengikuti PEDA KTNA,” ujar dia. (ant/sb)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER