Jumat, Juli 19, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Desa Sanur Kaja Luncurkan Inovasi GUDI Untuk Hewan Peliharaan

DENPASAR – Desa Sanur Kaja, Denpasar, Provinsi Bali, meluncurkan secara resmi Inovasi Gochip Unified Digital Identity (GUDI) pada Hewan Peliharaan yang dilaksanakan di Pertashop Bumdesa Saka Mandiri, Jalan Tukad Nyali, Sanur, Senin (9/10/2023).

“Kegiatan yang menyasar hewan peliharaan anjing dan kucing ini dilaksanakan guna terciptanya keamanan dan terbebas dari ancaman virus rabies, khususnya Desa Sanur Kaja,” kata Perbekel Desa Sanur Kaja, I Made Sudana, didampingi Camat Denpasar Selatan I Wayan Sumarsana, disela kegiatan.

Dia mengatakan, hari ini merupakan kegiatan peluncuran inovasi pemasangan microchip pada anjing atau Gochip Unified Digital Identity (GUDI) dan Vaksinasi Rabies pada hewan peliharaan.

Lebih lanjut dikatakannya, pelaksanaan ini dilaksanakan guna menindaklanjuti adanya wisatawan yang tergigit anjing di kawasan wisata sanur dan menuntut pihak desa untuk bertanggung jawab. Maka dari itu inovasi HUDI ini diharapkan dapat mewujudkan pelayanan kepada Masyarakat dan wisatawan.

“Maka dari itu kita membuat MOU dengan salah satu perusahaan chip yang ada di Canada. Dan hari ini kita melakukan launching pemasangan chip pada hewan peliharaan dan khususnya pada anjing di wilayah Desa Sanur Kaja,” ujarnya.

“Berharap dengan pemasangan chip kepada hewan peliharaan ini dapat betul-betul berguna bagi masyarakat dan pemilik hewan. Selain dapat mengenali hewan peliharaan juga dapat mengetahui dimana asal pemilik dan juga telah tervaksin atau tidaknya. Dan database dari hewan peliharaan yang kami pasang chip ini bersifat rahasia dan hanya pemilik yang mengetahui,” imbuh Made Sudana.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Denpasar, AA Gde Bayu Brahmasta sangat mengapresiasi atas program yang diluncurkan oleh Desa Sanur Kaja, yang mana pihak Desa Sanur Kaja ini juga memperhatikan kesejahteraan hewan.

“Dengan kesejahteraan hewan tentu hewan peliharaan di lingkungan kita akan menjadi sehat dan kita sebagai Masyarakat pasti aman merasa aman dan nyaman,” ujar Bayu Brahmasta didampingi Kadis Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kota Denpasar I Wayan Budha.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan dilakukan vaksinasi rabies dan pemasangan chip pada hewan ini sehingga nantinya para pemilik hewan dapat mengetahui dan menyimpan data record hewan tersebut.

“Selain itu pemasangan chip ini juga mempermudah kami dalam melakukan pendataan hewan di wilayah Sanur Kaja sehingga kami dapat mengetahui data record hewan tersebut dan memastikan agar tidak terkena penyakit dan virus-virus lainnya, sehingga tercipta Kota Denpasar dan khususnya Desa Sanur Kaja yang aman, nyaman dan tentram,” pungkas Bayu Brahmasta.(WIR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER