Rabu, Mei 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Desa Tegal Harum Denpasar Dapat Penghargaan Dari Wapres RI

DENPASAR – Desa Tegal Harum, Kecamatan Denpasar Barat, Bali, mendapat penghargaan dari Wakil Presiden RI, Dr. K.H. Ma’ruf Amin, karena meraih peringkat pertama sebagai Desa transparan keterbukaan informasi publik 2023 tingkat nasional, untuk wilayah Indonesia Tengah.

“Penghargaan ini sebagai kado manis akhir Tahun 2023 dari Desa Tegal Harum, Kota Denpasar, perwakilan dari Provinsi Bali, yang dengan gemilang mampu menempati posisi terbaik di Tingkat Nasional Wilayah Bagian Tengah,” kata Perbekel Desa Tegal Harum, I Komang Adi Widiantara saat ditemui usai menerima penghargaan, Selasa (19/12/2023).

Dia enyampaikan bahwa, Keberhasilan Desa Tegal Harum ini, setelah melalui rangkaian penilaian dan kunjungan oleh Tim Penilai yang terdiri dari Komisi Informasi Pusat, Kementerian Desa dan PDT serta BAKTI Kominfo beberapa waktu lalu.

“Dari penilaian tersebut Desa Tegal Harum dinilai layak menjadi yang terbaik, karena aspek keterbukaan informasi publik di desa ini sudah berjalan dengan sangat baik,” ujar Komang Adi.

Lebih lanjut disampaikan prestasi luar biasa yang diraih Desa Tegal Harum ini tentu saja menjadi kebanggaan warga Kota Denpasar, karena sudah mampu berhasil meraih penghargaan di tingkat Nasional. Sebelumnya dijelaskan Komang Adi, bahwa Desa Tegal Harum  menjadi yang terbaik dalam Lomba Desa Tingkat Nasional pada bulan Agustus 2023 lalu.

“Kali ini Desa Tegal Harum berhasil menorehkan prestasi sebagai Desa Transparan, sekaligus mencatat sejarah dengan mengawinkan dua gelar juara bergengsi dalam periode satu tahun,” lanjut Komang Adi.

Selain itu, disampaikan bahwa tranparansi bagi setiap warga negara ialah prinsip dasar untuk pemerintahan bersih dan baik.

“Salah satu prinsip Good and Clean Governance adalah transparansi. Sudah barang tentu tujuan yang ingin dicapai dari prinsip ini ialah agar dalam menjalankan pemerintahan tidak keluar dari rel menuju tujuan yang telah ditetapkan,” kata Perbekel muda inovatif tersebut.

Prinsip transparansi tersebut, lanjutnya, untuk menjaring keterlibatan warga dalam membangun dan memfasilitasi warga untuk mencapai tujuan dalam berbangsa dan bernegara.

“Semua ini kita lakukan dengan harapan agar masyarakat kita semakin hari semakin cerdas dan semakin bisa memahami apa yang menjadi hak dan kewajibannya,” tambahnya.

Komang Adi juga menyampaikan, keberhasilan ini tidak terlepas dari komitmen Pemkot Denpasar untuk terus berinovasi menciptakan sistem yang lebih transparan, efisien, dan responsif terhadap kebutuhan warga. Dan melalui penghargaan ini diharapkan akan ada langkah menuju tingkat keterbukaan informasi yang lebih tinggi dan bermanfaat.

“Pemerintah Desa Tegal Harum akan berupaya terus meningkatan peran aktif dalam keterbukaan informasi publik. Dengan semangat Vasudhaiva Kutumbhakam, serta mengupayakan sinergi dan kolaborasi dengan seluruh stakeholder agar pola keterbukaan informasi publik dapat berjalan optimal,” jelasnya.

Wapres Ma’ruf Amin mengapresiasi 6 desa yang dapat menyajikan keterbukaan informasi publik terbaik kepada masyarakat.

“Saya ucapkan selamat kepada 6 kepala desa terbaik yang terpilih atas kerja keras dan keberhasilannya dalam menata keterbukaan informasi publik di desa masing-masing, sehingga mendapatkan penghargaan sebagai desa terbaik,” kata Wapres dalam sambutannya.

Wapres berharap penyerahan sertifikat, hadiah dan piala kepada 6 desa tersebut dapat memberikan motivasi kepada desa-desa lain untuk mengutamakan keterbukaan informasi publik demi kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap keberhasilan ini menginspirasi desa-desa lainnya untuk berpacu membangun keterbukaan informasi dan mendorong partisipasi masyarakat menuju terciptanya tata kelola pemerintahan desa yang lebih baik,” tambah Wapres.(WIR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER