Jumat, Juli 19, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Diduga Akibat Heatsroke, 27 Jemaah Indonesia Meninggal Dunia di Mina

JAKARTA – Banyaknya jemaah haji yang meninggal selama pelaksanaan ibadah di Armuzna (Arafah Muzdalifah Mina), terutama di Mina, menjadi salah satu isu yang mencuat. Dari laporan sejumlah kantor berita internasional, lebih dari 577 jemaah dari berbagai negara meninggal.

Di sejumlah media sosial, beredar foto dan video yang memperlihatkan para jemaah yang meninggal di sekitaran jamarat tanpa didampingi petugas.

Diduga, banyaknya jemaah yang meninggal diakibatkan mengalami heatstroke. Efek dari cuaca panas ekstrem yang melanda kawasan Makkah, termasuk di Mina, selama masa puncak haji.

Kemenag RI menyampaikan situasi para jemaah selama berada di Armuzna, terutama di Mina. Berdasarkan data terakhir, sebanyak 27 jemaah Indonesia meninggal selama di Mina. Dirjen PHU Kemenag RI Hilman Latief menjelaskan bahwa seluruh jemaah yang meninggal berada di bawah penanganan petugas kesehatan selama di Mina.

“Tidak ada yang tak mendapat perawatan di luar kendali,” katanya.

Menurut Hilman, seluruh jemaah Indonesia mendapat penanganan selama mengalami gangguan kesehatan. Baik di tenda misi haji Mina maupun di seluruh rumah sakit di Makkah.

Selain itu, para jemaah yang sempat mengalami gangguan kesehatan selama lempar jumrah di Jamarat juga mendapat penanganan dari tim medis yang disiagakan di sana.

Terkait beredarnya video tentang sejumlah jemaah yang meninggal di jalanan di Jamarat maupun Mina, Hilman menyebut bahwa situasi itu tidak terjadi pada jemaah Indonesia.

Selain itu, selama Armuzna, data terakhir menyebutkan bahwa ada sembilan jemaah asal Indonesia yang menjnggal selama di Arafah saat prosesi wukuf pada Jumat (14/6/2024) hingga Sabtu (22/6/2024). (JP/SB)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER