Senin, Juli 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Hindari Kerusakan, KPU Bali Belum Rakit Kotak Suara

DENPASAR – Guna menghindari kerusakan kotak suara sebelum digunakan saat Pemilu 2024, KPU Provinsi Bali menyampaikan, belum melakukan perakitan kotak suara, yang dilakukan di setiap kabupaten/kota.

“Hal ini dilakukan, guna menghindari kerusakan kotak suara, akibat kelembaban setiap daerah berbeda. Jika, kotak suara dilipat, dikhawatirkan lemas saat pemungutan suara,” kata Ketua KPU Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan, di Denpasar, Selasa (19/12/2023).

Lebih lanjut dikatakan Lidartawan, didampingi Anggota I Gede John Darmawan, I Gusti Ngurah Agus Darmasanjaya, dan Luh Putu Sri Widyastini bahwa, untuk logistik tahap dua berupa surat suara, formulir, sampul dan lainnya. Contohnya, surat suara untuk DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/kota dicetak di Denpasar.

“Saya pastikan, surat suara untuk DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/kota, terpenuhi atau rampung akhir Desember 2023,” pungkasnya.

Sedangkan, untuk logistik Pemilu 2024 tahap 1 diakuinya sudah 100 persen rampung. Dan, sudah dilakukan penyortiran, serta telah disetting sesuai dengan jumlah yang harus diberikan dimasing-masing TPS.

“Contoh untuk tinta, kota suara dan bilik suara sudah rampung, serta sudah satu persatu dibagi. Dan begitu juga semua formulir sudah selesai tinggal memasukkan ke dalam kotak,” jelasnya.

Untuk surat suara Presiden dan Wakil Presiden, kata dia, berdasarkan informasi sudah menuju Bali yang saat ini sedang perjalanan dari Jawa, dan pada Kamis (20/12/2023) akan dibagi dua (khusus ke Buleleng dan Ke Kabupaten lainnya).

“Untuk surat suara DPD RI pencetakan dilakukan antara 2-5 Januari 2024. Sehingga, harapannya 11 Januari 2024, semua surat suara di Bali sudah lengkap,” jelasnya.

Terkait keamanan semua logistik, hampir semua di daerah sudah ada CCTV yang terkoneksi dengan KPU Bali. “Kami memiliki gudang super jumbo. Sehingga saya tegaskan tidak ada lagi logistik Pemilu di luar gudang KPU yang ada di masing-masing Kabupaten/kota,” jelasnya.

Dia menambahkan, pada 21-24 Desember 2023, akan dilakukan simulasi distribusi logistik khusus ke Kabupaten Buleleng dan Klungkung yang di Nuda Penida, guna mempersiapkan secara matang agar tidak terjadi masalah atau kejadian tentang ini.

“Saya berharap peran semua media di Bali memberikan informasi yang benar ke masyarakat, sehingga tidak membuat ramai yang jelas-jelas tidak benar,”¬†jelasnya.(WIR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER