Sabtu, Juli 13, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Inovasi Jaya Gupta Denpasar Jadi Wadah Pendidikan dan Teknologi Pelayanan

DENPASAR – Inovasi Jaringan Pelayanan Guru dan Tenaga Pendidikan (Jaya Gupta) berbasis aplikasi di Kota Denpasar, Bali, diharapkan mampu menjadi wadah kolaboratif dalam memadukan pendidikan dengan teknologi, guna meningkatkan pelayanan.

“Inovasi Jaya Gupta dapat sebagai wadah karya inovatif dan praktik baik guru dan tenaga kependidikan, harapannya dapat memberikan inspirasi  kepada insan pendidik lainnya mengembangkan ide gagasannya  demi kemajuan pendidikan di Kota Denpasar,” kata Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, saat Peringatan HUT KORPRI ke-52 dan Peringatan Hari Guru Nasional 2023 di Dharma Negara Alaya Kota Denpasar, Rabu (29/11).

Jaya Negara mengatakan, Pemerintah Kota Denpasar memberikan apresiasi dan sangat mendukung pengembangan inovasi untuk memudahkan palayanan di setiap perangkat daerah. Hal ini  sejalan dengan visi Kota Denpasar yaitu “Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju”.

“Kita mendorong semua pihak untuk terus berkontribusi dalam pembangunan Kota Denpasar ini, dengan gotong royong termasuk dalam peningkatan kualitas pelayanan di sektor pendidikan,” ujarnya

Dikatakannya, pendidikan merupakan fondasi utama pembangunan sebuah masyarakat yang maju dan berkualitas. Karenannya, langkah inovatif dalam penyelenggaraan pendidikan menjadi suatu keharusan.

“Kami percaya bahwa pengembangan Aplikasi Jaya Gupta dalam pelayanan pendidikan untuk guru dan tenaga kependidikan merupakan langkah positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Melalui teknologi, kita dapat menciptakan ekosistem pendidikan yang lebih responsif, efisien, dan mendukung perkembangan pesat dalam dunia pendidikan,” jelasnya

Dengan adanya inovasi ini Jaya Negara berharap, guru dapat lebih fokus pada pembelajaran, sedangkan tenaga kependidikan dapat lebih efisien dalam mendukung kelancaran proses pendidikan. Pihaknya  mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam pengembangan aplikasi ini.

“Langkah ini tidak hanya mencerminkan semangat kerjasama kita untuk memajukan dunia pendidikan, tetapi juga sebagai bentuk nyata komitmen kita untuk menciptakan generasi yang unggul dan berdaya saing,” imbuhnya.

Serangkaian Peluncuran Inovasi Jaya Gupta, turut digelar pameran pendidikan yang melibatkan sebanyak 10 perwakilan TK/PAUD, sebanyak 30 Perwakilan SD, sebanyak 30 perwakilan SMP serta sebanyak 8 perwakilan Komunitas belajar di Kota Denpasar.

Ditambahkan, Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana bahwa, sejalan dengan semangat reformasi dan adaptasi terhadap perkembangan zaman, pengembangan inovasi dalam menyelenggarakan pelayanan pendidikan sangatlah diperlukan.

“Salah satu cara yang sangat relevan dengan pemanfaatan teknologi informasi, terutama aplikasi yang dapat mendukung peran guru dan tenaga kependidikan dalam memberikan layanan pendidikan yang lebih baik,” pungkasnya.

Dia berharap, adanya inovasi di bidang  pembinaan ketenagaan Dinas Pendidikan Kota Denpasar dapat memberikan informasi yang akurat dan akuntabel bagi masyarakat terkait layanan dan inovasi dalam bidang pendidikan. Hal ini utamanya bagi guru, pengawas, kepala sekolah, serta tenaga kependidikan lantaran aplikasi ini memuat fitur layanan berbagi praktik baik, aksi nyata, layanan tendik, dan hallo guru.

“Marilah kita bersama-sama mendukung dan aktif berpartisipasi dalam pengembangan inovasi aplikasi pelayanan pendidikan. Dukungan ini tidak hanya mencakup pemahaman dan penerimaan terhadap teknologi baru, tetapi juga kolaborasi antara anggota KORPRI, pemerintah daerah, dan para pemangku kepentingan lainnya,” ujarnya

Direktur TI dan Kerja Sama Universitas Negeri Surabaya, Prof. Selamet Setiawan, Ph.D dalam mengucapkan terimakasih atas kerjasama antara Pemkot Denpasar dan Universitas Negeri Surabaya dalam mendukung pengembangan inovasi Jaya Gupta. Dimana, hadirnya inovasi ini diharapkan mampu mendukung kolaborasi antara pendidikan dan teknologi yang tentunya tetap memegang teguh kearifan lokal dan nilai-nilai pendidikan.

“Komitmen Universitas Negeri Surabaya, kami tetap mengembangkan kerjasama demi mengemban Tri Dharma Perguruan Tinggi. Ini merupakan salah satu pengabdian kami, dan kami berharap inovasi Jaya Gupta ini mampu meningkatkan profesional dalam dunia pendidikan dengan memegang teguh kearifan lokal,” ujarnya.(WIR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER