Jumat, Juli 19, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Konjen RRT di Denpasar Serahkan Beasiswa Bagi Pelajar dan Guru

DENPASAR – Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok (Konjen RRT) di Denpasar Zhu Xinglong menyerahkan beasiswa pendidikan bahasa Mandarin bagi 100 pelajar dan guru di 11 sekolah tiga bahasa di wilayah Provinsi Bali dan Nusa Tenggara Barat.

Di Denpasar, Selasa, Konjen RRT Zhu Xinglong menyampaikan bahwa program beasiswa tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan pemahaman mengenai bahasa dan budaya Tiongkok serta mempererat hubungan Tiongkok dengan Indonesia.

Ia menjelaskan bahwa Konsulat Jenderal RRT mendorong anak-anak muda Indonesia untuk mempelajari bahasa Mandarin melalui program beasiswa dan pertukaran budaya Kang Chingwie.

Kepala Bidang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi Bali Anak Agung Bagus Suryawan mengemukakan, program beasiswa memberikan kesempatan kepada pelajar di Bali untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Mandarin.

Menurut dia, program beasiswa tersebut juga mendukung upaya peningkatan kerja sama di bidang kebudayaan dan pendidikan dengan China.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat Aidy Furqan mengapresiasi pelaksanaan program beasiswa pendidikan bahasa Mandarin, yang diharapkan dapat mendukung upaya peningkatan daya saing sumber daya manusia di wilayahnya.

Salah satu penerima beasiswa, Gerald dari Sekolah Pelita Bangsa Denpasar, mengatakan bahwa program beasiswa pendidikan bahasa Mandarin memotivasi dia untuk meningkatkan kemampuan diri.

Sedangkan Steffany, guru teladan peraih beasiswa, berharap selanjutnya bisa berkontribusi lebih besar dalam penyelenggaraan pendidikan bahasa Mandarin di sekolahnya.

Pemberian beasiswa pendidikan bahasa Mandarin dilakukan setiap tahun dan tahun ini sudah memasuki tahun keenam pelaksanaan program. Beasiswa itu sudah diberikan kepada lebih dari seribu siswa dan guru menurut Konjen RRT. (ant/sb)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER