Minggu, Desember 3, 2023
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lomba Film Dokumenter Denpasar Jadi Wahana Asah Kemampuan Pelajar

DENPASAR – Dinas Kebudayaan Kota Denpasar menyerahkan hadiah lomba Film Dokumenter Kota Denpasar Summer Camp’ Tahun 2023 tingkat SMP se-Kota Denpasar.

Penyerahan dilaksanakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Denpasar, AA Gde Risnawan yang dilaksanakan di Ruang Audio Visual, Gedung Dharma Negara Alaya, Kamis (5/10/2023).

“Kami berharap, lomba film dokumenter ini dapat menambah wawasan para siswa siswi. Selain itu, dapat mengasah talenta para siswa untuk meningkatkan kemampuan dalam dunia perfilman,” kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Denpasar, AA Gde Risnawan.

Dalam pelaksanaan tersebut dilaksanakan juga pemutaran film dokumenter dari beberapa peserta. Adapun yang keluar sebagai pemenang yakni Juara I diraih SMPN 6 Denpasar dengan judul karya “Babad Dalem Sidakarya”. Sebagai Juara II diraih SMPN 12 Denpasar dengan judul karya “Lelakut (Harta Budaya Kian Terlupakan)” dan Juara III diraih SMP Sapta Andika dengan judul karya “Rumah Topeng”.

Selanjutnya sebagai Juara Harapan III diraih SMP Cipta Dharma lewat karya “Museum Le Mayer dan Segitiga Cinta juara”. Juara Harapan II diraih SMP Harapan Nusantara dengan judul karya “Sejarah Pura Maospahit” dan sebagai Juara Harapan I diraih SMP Wisata Sanur dengan judul “Tilem Kajeng, Eternal Culture”.

“Selamat kepada semua pemenang, kami berharap untuk dinas kebudayaan agar dapat melaksanakan pegelaran ini secara berkelanjutan. Terlebih sat ini merupakan zaman globalisasi digital sehingga anak-anak didik kita di SMP dapat mengasah kemampuannya dalam bidang perfilman sejak dini,” kata Risnawan.

Ditambahkan, Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, Raka Purwantara yang diwakili Kabid Dokumentasi Perfilman dan Permuseuman, I Wayan Astawa mengatakan pelaksanaan lomba Film Dokumenter Kota Denpasar Summer Camp Tahun 2023 ini merupakan pelaksanaan yang pertama di Kota Denpasar.

Lebih lanjut dikatakan, peserta lomba kali ini diikuti sebanyak 28 SMP negeri dan swasta yang ada di Kota Denpasar.

“Semoga dengan adanya lomba film dokumenter ini dapat memberikan pengetahuan yang komprehensif tentang berbagai aspek pembuatan film dokumenter baik dari penulisan naskah, pengambilan gambar, pengeditan, serta pemasaran,” jelas Wayan Astawa.

Salah satu siswi SMP Harapan Nusantara Denpasar yang juga merupakan peraih juara harapan III Lomba Film Dokumenter, Aisyah Velika Vedania saat diwawancara pihaknya sangat bangga dengan hasil karya yang mereka garap hingga mendapatkan juara harapan III.

“Tentu kami sangat bangga dengan hasil karya kami sendiri. Dan kami berharap pelaksanaan ini agar terus berlanjut sehingga dapat memberikan wadah yang positif di kalangan anak muda,”¬†harapnya.(WIR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER