Sabtu, Juli 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pangdam Udayana Aktifkan Latihan Posko 1 Korem 163 Antisipasi Bencana

DENPASAR– Panglima Komando Daerah Militer IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi mengaktifkan latihan posko 1 Korem 163/Wira Satya (WSA) untuk mengantisipasi terhadap berbagai ancaman bencana alam di wilayah Bali.

“Wilayah Bali merupakan wilayah yang rawan terjadinya bencana alam seperti gunung meletus, gempa bumi hingga tsunami, dan Korem 163/Wira Satya adalah bagian dari gelar kekuatan TNI AD yang berperan aktif untuk menghadapi ancaman ataupun permasalahan di wilayah seperti gempa bumi hingga tsunami,” kata Pangdam Harfendi di Gedung Wira Satya Makorem 163/WSA, Denpasar, Bali, Senin.

Latihan Posko 1 Korem 163/Wira Satya “Guncang Sakti 23” mengangkat tema “Korem 163/Wira Satya melaksanakan Operasi Bantuan Penanganan Bencana Alam Gempa bumi dan Tsunami di Wilayah Bali dalam rangka membantu Pemda Bali”.

Pangdam IX/Udayana berharap latihan Posko 1 Korem 163/Wira Satya menjadi latihan yang dilaksanakan untuk menjawab berbagai permasalahan bencana alam di Bali.

Dia mengatakan latihan itu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Komandan beserta staf Korem 163/Wsa untuk melaksanakan teknik olah yudha sampai dengan pengambilan keputusan.

“Untuk mencapai tujuan tersebut, maka latihan Posko 1 Korem 163/Wira Satya dikembangkan dengan berbagai macam materi yang menghubungkan kordinasi antara Komandan dan staf. Gunakan efektivitas dan efesiensi penggunaan anggaran, serta materil secara tepat guna dan tepat sasaran dalam setiap pelaksanaan kegiatan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan sampai dengan tahap pengakhiran,” katanya.

Dia meminta para wasit dan pengendali dapat menciptakan suasana latihan yang mendekati realita sebenarnya sehingga menghasilkan latihan yang efektif.

Pangdam Udayana juga mengatakan latihan Posko 1 Korem 163/Wira Satya merupakan latihan yang tidak sering dilakukan dan merupakan kesempatan bagus bagi prajurit untuk belajar atas keterbatasan-keterbatasan ilmu yang di miliki.

“Laksanakan koordinasi yang baik antar pelaku dan penyelenggara agar pelaksanaan latihan berjalan dengan baik,” katanya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kasdam IX/ Udayana Brigjen TNI Sachono, Irdam IX Udayana Brigjen Tatan Ardianto, Kapoksahli Brigjen TNI Hardian Achmadi, Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Agus M. Latif, Danrindam IX/Udayana Kol. Inf Wirawan Eko. P, para Asisten Kasdam IX/Udayana, para Kasi Kasrem 163/Wira Satya, para Pasi Korem 163/Wira Satya. (ant/sb)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER