Senin, Juni 17, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pangdam Udayana Minta TNI Tetap Manunggal dengan Rakyat Pada Pemilu

DENPASAR – Panglima Komando Daerah Militer IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Harfendi meminta anggota TNI di wilayah Kodam Udayana untuk tetap menjaga sikap manunggal atau kesatuan dengan rakyat pada perhelatan Pemilu 2024.

“Jaga nama baik atau citra TNI dalam sikap maupun perilaku di kehidupan bermasyarakat, serta tunjukkan sikap TNI manunggal dengan rakyat melalui berbagai kegiatan seperti karya bakti dan bakti sosial,” kata Harfendi saat memimpin pelaksanaan apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan Pemilu tahun 2024 di Lapangan Puputan Niti Mandala Renon, Denpasar, Bali, Kamis.

Harfendi menegaskan TNI harus tetap menjadi alat negara yang profesional, netral serta tetap fokus pada tugas pokoknya, yaitu menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah NKRI dan keselamatan segenap bangsa serta tumpah darah Indonesia.

Karena itu, Pangdam menegaskan kepada para prajurit untuk tidak berpihak kepada salah satu pasangan calon tertentu dalam Pemilu 2024 karena sudah diatur dalam Undang-undang dan fokus memastikan tugas TNI menjaga kedaulatan bangsa dan negara.

“Prajurit kita sampai saat ini masih menjaga netralitas yang menjadi penekanan dari Panglima TNI dan Bapak Kasad dan sampai saat ini, kita belum temukan prajurit kita yang melakukan pelanggaran dari integrasi tersebut,” kata Harfendi.

Pangdam juga mengimbau masyarakat untuk menjadikan momentum pemilu tahun ini menjadi pesta demokrasi yang perlu disikapi dengan riang gembira tanpa harus melakukan tindakan anarkis dan menganggu kehidupan bersama.

“Kami mengimbau masyarakat untuk membawa suasana ini dengan damai. Pesta ini adalah pesta demokrasi artinya kalau kita pesta ya dengan happy dengan damai, jangan membuat suasana gaduh dan lain-lain,” katanya.

Dalam mengantisipasi terjaminnya situasi yang kondusif di wilayah Provinsi Bali, NTB dan NTT saat pelaksanaan Pemilu 2024 Kodam Udayana telah menyiagakan sebanyak 10.576 personel dari tiga matra TNI untuk membantu Polri.

Untuk memastikan semuanya tergelar dengan baik, Pangdam Harfendi melaksanakan pemeriksaan pasukan yang terdiri dari 5 Satuan Setingkat Kompi (SSK ) dengan perlengkapan Penanggulangan Huru Hara (PHH) dan 8 SSK tanpa perlengkapan PHH, serta materiil yang terdiri dari berbagai alutsista yang dimiliki oleh Kodam IX/Udayana, seperti Rantis Anoa, Rantis Tarantula, Ransus Jihandak, Ransus EOD, Ran Nubika, Ran Komob, Ran Stom, Ran PJD, Truck NPS, LCR, serta mobil dan motor kawal. (ant/sb)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER