Senin, Juni 17, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Paslon Prabowo-Gibran Menang Telak PSU di TPS 14 Desa Pering

DENPASAR – Perolehan suara pasangan calon (paslon) no urut 2 (Prabowo-Gibran) menang telak, dengan raihan 103 suara, saat Pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 14 Desa Pering, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Rabu (21/2/2024).

Komisioner KPU Bali, I Gede John Darmawan saat dikonfirmasi menjelaskan, berdasarkan hasil perhitungan suara ulang, oleh penyelenggaraan Pemilu di TPS 14. Dari 119 orang pemilih, Prabowo-Gibran memperoleh 103 suara, disusul Paslon Ganjar-Mahfud 12 suara dan Paslon Anis-Amin 2 suara, dan dua suara tidak sah.

“Untuk PSU di TPS 14 Desa Pering, Paslon dua unggul. Dan, PSU telah rampung dan telah dilakukan perhitungan,” katanya.

Berdasarkan hasil perhitungan, lanjut dia, jumlah kehadiran pemilih di TPS 14 119 orang dari 271 daftar pemilih tetap (termasuk DPTB/daftar pemilih tambahan dan DPK/daftar pemilih khusus) yang turut diundang.

Sehingga, rinciannya tercatat 117 pemilih DPT yang hadir, 1 pemilih DPTB dan 1 DPK, sehingga totalnya 119 pemilih. Dengan rincian surat suara sah 117, tidak sah 2 pemilih.

“PSU di TPS 14 Desa Pering, Kecamatan Blahbatuh, karena 14 Februari lalu, pengawas TPS mendapati 2 orang pemilih menggunakan C pemberitahuan DKI Jakarta dan diberikan surat suara Presiden dan Wakil Presiden,” pungkasnya.

Untuk partisipasi pemilih di TPS 14, tampak menurun dibandingkan saat pencoblosan pada 14 Februari lalu, Hal ini dikarenakan PSU berlangsung tidak hari libur, sehingga banyak DPT  tidak hadir.

“Para pemilih ada yang bekerja. Dan terpantau banyak pemilih yang hadir menggunakan seragam kerja atau berangkat kerja dan seragam sekolah,” katanya.

Sehingga, pemilih yang hadir saat ini menempatkan dirinya hadir ke TPS, dan langsung bekerja. “Mereka ada yang kerja dan ada juga pemilih pemula yang sekolah. Sehingga, partisipasinya menurun,” pungkasnya.(WIR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER