Selasa, Juni 25, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

PDIP Denpasar Optimistis Tambah Kursi DPRD di Pileg 2024

DENPASAR – Ketua DPC PDI Perjuangan (PDIP) Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, optimistis partainya akan menambah perolehan kursi DPRD Kota maupun kursi DPRD Provinsi Bali dapil Denpasar, dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2024.

Menurutnya, seluruh bakal calon legislatif (bacaleg) dari PDIP yang saat ini nama-namanya tengah dalam proses di daftar caleg sementara (dcs), sudah sangat siap untuk bersaing merebut kursi dewan demi kejayaan partai.

“Sesuai dengan rencana kami, peningkatan harus ada. Sebagai contoh, pada Pileg 2014, kami mendapatkan 13 kursi DPRD Denpasar, kemudian melonjak menjadi 22 kursi pada Pileg 2019. Demikian pula untuk Pileg 2024 mendatang, dengan soliditas yang terjalin, harapan kami adalah bisa mencapai 25 atau bahkan 26 kursi,” ujar Ngurah Gede saat diwawancara setelah menyaksikan laga final sepakbola Liga Kampung PDIP U-17 di GOR Ngurah Rai, Jumat (22/9/2023).

Lebih lanjut, politisi asal Kelurahan Kesiman, Kecamatan Denpasar Timur ini menambahkan, harapan untuk mencapai 25 kursi akan membuat fraksi PDIP di DPRD Denpasar semakin kuat dengan menguasai lebih dari 50 persen komposisi dewan kota, yang berjumlah total 45 kursi.

“Kami optimis melihat potensi di daerah pemilihan (dapil) Denpasar, karena dari 5 dapil yang tersedia, semuanya memiliki potensi untuk memperoleh suara,” ucapnya.

Selain menggali potensi melalui 5 dapil yang dikenal sebagai basis massa dari partai berlambang moncong putih ini, Ngurah Gede juga mengungkapkan bahwa partainya akan mengoptimalkan suara dari generasi muda, khususnya pemilih pemula.

“Karena pemilih pemula baru mulai menentukan pilihannya sekarang. Sebelumnya, mereka belum memiliki hak suara. Oleh karena itu, dengan mendekati pemilih pemula ini, secara otomatis akan meningkatkan dukungan bagi kami,” katanya.

Selain itu, Ngurah Gede mengatakan bahwa efek positif dari bakal calon presiden yang diusung PDIP, Ganjar Pranowo, juga sangat membantu partainya dalam mencapai target penambahan kursi.

“Kehadiran Ganjar sangat dirasakan dampaknya ketika kami berinteraksi dengan masyarakat. Hal ini tentu berpotensi meningkatkan suara,” tegas politisi yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Denpasar.

Seperti yang diketahui, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 457 tahun 2022, jumlah kursi untuk DPRD Kota Denpasar adalah sebanyak 45 kursi.

Alokasi kursi yang akan diperebutkan oleh 17 partai politik di Denpasar adalah sebagai berikut: Dapil 1 Kecamatan Denpasar Barat (6 kursi), Dapil 2 Denpasar Barat (7 kursi), Dapil 3 Denpasar Utara (12 kursi), Dapil 4 Denpasar Timur (8 kursi), dan Dapil 5 Denpasar Selatan (12 kursi).

Berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024, Kota Denpasar memiliki 495.895 pemilih. Pemilih ini akan tersebar di 1887 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berlokasi di 43 Desa/Kelurahan, dengan rincian 252.679 pemilih perempuan dan 243.216 pemilih laki-laki. (DRE)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER