Rabu, Mei 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pembina Sanggar: Wisman di Buleleng Menggemari Belajar Tari Bali

BULELENG – Wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Kota Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali, menggemari kegiatan latihan tari Bali yang dilaksanakan oleh Sanggar Santi Budaya.

“Mereka (wisman) antusias berlatih kesenian tari dan membuat canang sari atau sarana ritual pemujaan menurut agama Hindu,” kata Pembina Tari Sanggar Santi Budaya Singaraja Ida Ayu Ketut Widia Utami di Singaraja, Bali, Minggu.

Menurut dia, kegiatan tersebut (berlatih tari bersama wisman) sebagai bentuk pengenalan dan unjuk seni budaya yang ada di Pulau Dewata khususnya Kabupaten Buleleng yang berlokasi di wilayah paling utara.

Wisman menggemari belajar tari Bali karena hal tersebut (tarian khas Bali) hanya mereka dapat saksikan dan amati baik langsung maupun melalui video maupun foto.

Pada umumnya, wisman yang datang ke Buleleng ingin mengamati berbagai warisan tua peninggalan Belanda sembari ingin merasakan hiruk pikuk kesenian tradisional yang hingga kini tetap eksis dan berkembang.

“Kebetulan mereka berasal dari Belanda dan kami mengajak belajar tari Bali di sini. Dilihat Puri ini (tempat latihan) dari segi bangunan masih ada nilai-nilai Belanda dan mereka (wisman) merasa senang melihat bagaimana situasi seni dan keadaan budaya yang ada di Kabupaten Buleleng,” ucapnya.

Widia utami juga menyampaikan bahwasannya wisatawan belajar tari diajarkan secara dasar. Hal ini karena wisatawan yang belajar tidak mempunyai basik untuk menari melainkan ingin tahu bagaimana melakukan menari Bali.

“Mereka sering mengeluh kesannya ternyata sulit belajar menari Bali. Mungkin karena penasaran itu membuat mereka antusias sekali belajar menari Bali,” terangnya.

Selain belajar mengenai tarian Bali, wisman juga antusias dalam membuat dan menyajikan sesaji berupa canang sari sebagai sarana ritual menurut agama Hindu. Wisman antusias merangkai canang sari berbahan janur, bunga dan berbagai jenis dedaunan lainnya.

Kabupaten Buleleng dikenal sebagai kabupaten yang mempunyai banyak tradisi kesenian dan budaya yang khas dan unik. Maka dari itu, banyak wisatawan yang datang ke Bali khususnya Kabupaten Buleleng berkunjung menyaksikan pementasan dan belajar kesenian Bali. (ant/sb)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER