Senin, Mei 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Perayaan Nyepi, Beban Listrik Di Bali Turun

DENPASAR – Saat Hari Raya Nyepi, PT PLN (Persero) UID Bali, memprediksi beban listrik hanya 919 Megawatt, atau 50 persen dari daya yang tersedia 1.500 Megawatt.

“Diperkirakan beban saat Nyepi 919 megawatt, dengan cadangan 586MW atau 50 persen. Jadi cukup besar cadangan kita sangat Nyepi, hal ini karena saat nyepi lampu mati. Sehingga pemakaian listrik di rumah menjadi berkurang,” kata Senior Manager Komunikasi dan Umum Unit Induk Distribusi Bali, Hamidi Hamid, di Denpasar, Selasa (5/3/2024).

Dia menegaskan, selama Hari Raya Nyepi, kelistrikan di Provinsi Bali dipastikan tetap menyala atau tidak melakukan pemadaman listrik. Terkecuali lampu penerangan jalan (LPG).

“Kami pastikan listrik tak padam saat nyepi. Hanya yang dipadamkan lampu penerangan jalan,” kata Manager Komunikasi PLN UID Bali, Made Arya.

Apalagi PLN menyiagakan 218 di 46 posko untuk bersiaga diantaranya 17 posko UPT Bali timur dengan personel 66 orang personel, 13 posko UPT Bali Utara sebanyak 88 orang personel, 15 posko Bali selatan sebanyak 65 orang pesonel dan satu UP2DD Bali dengan jumlah 6 orang personel.

“Hal ini dilakukan, guna mengantisipasi gangguan, Tim yang sifatnya urgent atau penting di masyarakat, seperti kebakaran. Dan, kami juga bisa berkoordinasi langsung dengan pecalang setempat dan tim kami akan terjun ke lapangan pada saat Nyepi,” pungkasnya.

Untuk beban cadangan listrik pada saat menyambut hari raya Nyepi dipastikan cukup, yakni daya mampu sebanyak 1.505 MegaWatt, bercermin dari beban puncak sebanyak 1.107 MegaWatt pada 2 Januari 2024 lalu.

Ditambahkan Manager Komunikasi PLN UID Bali, Made Arya bahwa saat Nyepi, PLN menyiagakan personel melakukan beberapa persiapan mengantisipasi gangguan kelistrikan.

“Mengantisipasi gangguan, Tim PLN akan standby di posko di Kantor PLN seluruh Provinsi Bali dengan jumlah personil 218 orang dengan 46 posko,” kata Arya yang mengaku usai Hari Raya Nyepi mendapat tugas baru sebagai Manager Unit Pelaksana Proyek Kelistrikan (MUP2K) Nusa Tenggara Barat ini.

Pihaknya berharap, penyelenggaraan catur brata penyepian, dapat berjalan dengan aman danĀ hikmat.(WIR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER