Jumat, Juli 19, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

SEAQIL dan Mahasiswa MSIB Ajak Masyarakat Tingkatkan Literasi Digital

DENPASAR – Menyemarakkan Hari Kebangkitan Nasional, SEAMEO QITEP in Language (SEAQIL) dan mahasiswa Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) angkatan IV, menyelenggarakan webinar dengan tema Literasi Digital dan Pemanfaatan Media Digital untuk Pembelajaran, secara daring melalui platform zoom dan kanal youtube, pada Rabu (7/6/2023).

“Tercatat ada 200 peserta yang berpartisipasi seperti guru, dosen, mahasiswa, dan publik, yang diberikan wawasan mengenai literasi digital serta memanfaatkan media digital dengan bijak. Adapun webinar ini diselenggarakan untuk menambah wawasan tentang literasi digital dan pemanfaatan media sosial, seperti YouTube, Instagram, dan Spotify, dalam pembelajaran,” kata Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur SEAQIL, R. Dian Dia-an Muniroh.

Dia mengatakan bahwa, webinar ini merupakan inisiatif yang dapat mendukung pengembangan dan penggunaan media digital dalam pembelajaran baik di kalangan siswa, mahasiswa, maupun guru bahasa.

“Melalui sesi diskusi dan berbagi pengalaman praktis di dalam webinar ini, peserta akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang strategi dan alat yang dapat digunakan dalam meningkatkan literasi digital dan memanfaatkan media digital secara efektif dalam pembelajaran,” tegasnya.

Ditambahkan Deputi Direktur Adminitrasi SEAQIL, Misbah Fikrianto bahwa, literasi digital dapat dijadikan rujukan sosial untuk menunjang pembelajaran. Dengan menggunakan sumber-sumber digital, peserta didik tidak hanya fokus pada pemahaman materi, tetapi juga proses kreatif dalam memanfaatkan teknologi informasi.

“Kita sebagai bangsa Indonesia harus terus meningkatkan literasi digital,” katanya.

Misbah menegaskan, sangat penting mengoptimalkan pemanfaatan literasi digital agar masyarakat dapat bersikap kritis dalam menyikapi informasi yang didapatkan, dan kemampuan ini dibutuhkan sebagai jembatan antara kebutuhan informasi dan kebutuhan edukasi yang baik.

Ketua kegiatan webinar, mahasiswa MSIB IV dari Universitas Indonesia, Aulia Mufida, turut menyampaikan bahwa mahasiswa MSIB yang berkolaborasi dengan SEAQIL memanfaatkan momentum Hari Kebangkitan Nasional sebagai ajang tukar wawasan yang secara garis besar membahas mengenai literasi digital.

“Harapannya, webinar ini dapat meningkatkan pemahaman peserta mengenai literasi digital dan pemanfaatan media digital di bidang pendidikan, sekaligus bertukar pengalaman,” ujar Aulia.

Pada webinar ini, tiga mahasiswa MSIB skema magang Publikasi Literasi dan Klub Literasi Sekolah menjadi pembicara, yakni Gina Sonia (Universitas Indonesia), Muhammad Kautsar (Universitas Syiah Kuala), dan Michael Swarestho Radegalis (Universitas Pancasila).

Topik yang dibahas para pembicara meliputi cara memperkuat literasi digital untuk membangun generasi muda yang cerdas di era teknologi, literasi digital berbasis audio, dan video.

SEAQIL berharap, melalui webinar ini, peserta dapat lebih bijak dalam menggunakan serta mengakses teknologi, berpikir kritis dalam menghadapi masalah, berkomunikasi dengan orang lain, melakukan kerja tim, memiliki budaya membaca, dan belajar menciptakan karya sendiri. Literasi digital akan menciptakan sebuah tatanan masyarakat dengan pola pikir dan pandangan yang kritis dan kreatif. (WIR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER