Senin, Juli 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Suyanto Tegaskan Tak Berafiliasi dengan Partai Politik

DENPASAR– Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Denpasar, Provinsi Bali, Suyanto menegaskan, dirinya tidak pernah terafiliasi dengan partai politik (parpol).

Hal ini ia katakan guna menepis isu adanya dugaan dirinya menjadi salah satu tim sukses dari calon legislatif (caleg) Partai Golkar pada tahun 2019 lalu.

“Saya bukanlah tim sukses dan itu bisa dicek melalui Sipol (sistem informasi anggota partai politik) KPU RI, ada tidak nama saya tercantum sebagai tim sukses ataupun kader dari partai tersebut,” kata Suyanto, saat ditemui di kantornya, di Jalan Melati No.18 Denpasar, Senin (21/8/2023).

Ia pun membantah terkait ramainya isu yang menyebutkan dirinya berafiliasi ke Partai Golkar, jika memang benar hal tersebut terbukti, maka tidak mungkin ia bisa dilantik oleh Bawaslu RI pada Sabtu (19/8/2023) lalu. Karena menurutnya sebelum ia ditetapkan dan dilantik sebagai Anggota Bawaslu Denpasar, telah melalui tahap mekanisme penjaringan oleh tim seleksi independen yang berproses cukup lama.

Ia melanjutkan, namanya disebut sebagai tim sukses parpol merupakan murni kesalahan ketik atau typo dari staff sekretariat Bawaslu Denpasar saat memasukkan profil riwayat hidup dirinya yang diunggah ke akun sosial media Instagram

“Saya memohon maaf hal itu bisa terjadi. Dan terkait postingan sudah di takedown (hapus) langsung,” tambahnya.

Lebih lanjut pria yang kini menjabat Kordiv Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Denpasar periode 2023-2028 menjelaskan, dirinya merupakan orang baru di lembaga pengawasan pemilu, oleh sebab itu perlu beradaptasi dahulu terkait tugas pokok yang akan dijalankannya.

“Latar belakang saya dari swasta yang aktif di beberapa lembaga swadaya masyarakat (LSM) terkait sosial dan kepemiluan. Jadi saya harap isu ini sudah clear dan tak perlu dibesar-besarkan. Karena tujuan saya bergabung di Bawaslu murni untuk menciptakan Pemilu yang adil dan demokratis,” tandas pria asal Surabaya, Jawa Timur, yang sudah 30 tahun menetap di Denpasar ini.

Seperti diketahui, sebelumnya sempat ramai isu berseliweran di sosial media terkait dugaan seorang Anggota Bawaslu Denpasar yang terafiliasi dengan parpol. Hal ini berawal dari unggahan akun resmi Instagram Bawaslu Denpasar pada Minggu (20/8/2023) malam, yang mengunggah riwayat kepemiluan 5 orang komisioner baru mereka.

Dalam unggahan tersebut, tertulis salah seorang diantaranya, yakni Suyanto, tercatat riwayat sebagai Anggota Tim Sukses Caleg Golkar tahun 2019, hal itu sontak mendapat kecaman keras dari warganet di kolom komentar.

Namun kini unggahan tersebut telah dihapus oleh admin Instagram Bawaslu Denpasar.(dre)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER