Sabtu, Mei 18, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

1.485 PTPS Badung Ujung Tombak Keberhasilan Pemilu Tingkat Lokal

BADUNG – Pelantikan 1.485 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Kabupaten Badung, Senin (22/1/2024), diharapkan menjadi ujung tombak keberhasilan Pemilu tingkat lokal.

Sekda Badung Wayan Adi Arnawa, di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung, berharap pengawas TPS memiliki peran yang sangat penting dalam memastikan setiap tahapan pemilihan berlangsung dengan adil, bersih, dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Sebagai pengawas TPS, tugas dan tanggung jawab yang saudara emban tidaklah ringan, saudara adalah ujung tombak dari keberhasilan pelaksanaan pemilihan umum di tingkat lokal. Kredibilitas dan integritas saudara-saudara akan menjadi penentu sejauh mana proses pemilihan berjalan lancar dan dipercayai oleh masyarakat,” ujar Sekda Adi Arnawa.

Menurut Sekda Adi Arnawa keberadaan PTPS menjadi instrumen penting yang akan ikut menentukan kualitas proses pemungutan dan penghitungan suara. Oleh sebab itu anggota PTPS dituntut agar aktif dan progresif, mengerti tugas dan wewenangnya sehingga memaksimalkan perannya dengan baik. Disebutkan juga bahwa pengetahuan dan keterampilan PTPS menjadi faktor utama dalam mewujudkan integritas proses dan hasil pemungutan serta penghitungan suara.

“Untuk itu, saya mengajak saudara-saudara agar melaksanakan tugas ini dengan penuh tanggung jawab, keadilan, dan ketulusan. Jadilah pengawas yang bersih dari segala bentuk kepentingan pribadi atau kelompok, sehingga hasil pemilihan yang nantinya diumumkan benar-benar mencerminkan suara dan kehendak rakyat. Teruslah mengembangkan profesionalisme, meningkatkan pemahaman terkait aturan dan mekanisme pemilihan, serta menjalin koordinasi yang erat dengan pihak terkait. Sebuah pemilihan yang sukses adalah hasil dari kerjasama dan sinergi seluruh pihak,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Badung I Putu Hery Indrawan menyampaikan anggota PTPS yang dilantik pada hari itu akan disebar di setiap TPS yang ada diseluruh wilayah Kabupaten Badung. Dimana satu orang PTPS akan mengawasi proses pemungutan suara di satu TPS.

“Pada kesempatan ini kami juga menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Badung yang telah memberikan dukungan penuh kepada Bawaslu Badung dalam setiap tahapan yang kami lalui,” ungkapnya.(WIR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER