Jumat, Juli 19, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

4.000 Personel Polda Bali Siaga KTT AIS Forum

DENPASAR – Sebanyak 4.000 personel Kepolisian Daerah (Polda) Bali, siap mengamankan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Forum Negara-Negara Pulau dan Kepulauan atau Archipelagic and Island States (AIS) Forum di Nusa Dua, Badung, Bali pada 10–11 Oktober 2023.

Demikian ditegaskan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Bali, Inspektur Jenderal Polisi Ida Bagus Kade Putra Narendra, Senin (2/10/2023) di Denpasar, Bali.

Personel yang disiagakan tersebut, katanya, akan memperkuat personel dari Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia dan juga TNI.

“Itu (pengamanan KTT AIS Forum) dikendalikan pusat. Kita di sini sebagai backup dengan Pangdam Udayana. Kita backup sesuai porsi masing-masing dengan 4.000 personel,” katanya.

Dia mengatakan pihaknya pun telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia terkait berbagai persiapan menjelang forum tersebut.

Berbagai peralatan untuk menunjang pengamanan pertemuan internasional itu pun telah mulai didistribusikan dari berbagai tempat menuju Bali, baik dari Polri maupun TNI.

Menurut Kapolda, situasi Bali saat ini masih dalam keadaan kondusif dan secara umum tidak ada hal-hal menonjol yang menjadi perhatian khusus dari pihak Kepolisian maupun dari TNI.

Kapolda menjelaskan untuk pola pengamanan pertemuan KTT AIS Forum 2023 dilakukan seperti pengamanan KTT G20 pada November 2022 dengan skema tiga ring pengamanan.

“Kemarin (Minggu, 1 Oktober 2023,red) juga sudah dirapatkan pengamanan delegasi. Tentunya akan ada ring 1, ring 2, ring 3 persisnya sesuai G20,” kata dia.

Selain mematangkan persiapan personel pengamanan, Polda Bali juga telah melakukan pengecekan awal persiapan tempat-tempat yang akan digunakan sebagai venue KTT AIS Forum.

Selain diikuti oleh negara partisipan, KTT AIS Forum juga akan dihadiri oleh Forum Kepulauan Pasifik (PIF) dan Kelompok Negara Melanesia (MSG).(WIR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER