Senin, Juli 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bakti Negara Ranting Taman Sari Buleleng Raih 12 Medali Ajang IPSI Championship 2023

DENPASAR – Bakti NegaraRanting Taman Sari, Singaraja, Kabupaten Buleleng, raih 12 medali dalam dalam ajang Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Provinsi Bali 2023, di GOR Lila Bhuana, Denpasar.

Salah satu Pelatih Ranting BN yang ikut bertanding pada IPSI Championship 2023, Wayan Ismana, ditemui disela-sela pertandingan, Minggu (27/08/2023) mengatakan dalam kejuaran tersebut, menurunkan tiga belas Pesilat diantaranya tujuh putra dan enam putri di setiap kategori yang di tandingkan.

“Untuk emasnya  kita dapat empat dalam kategori tanding usia dini, pra usia dini dan remaja, kalau peraknya dapat  lima dari usia pra remaja dan  usia remaja dan perunggu putra dapat tiga dari usia remaja dan dewasa, jadi dari tiga belas orang yang kita daftarkan untuk bertanding  hanya satu yang kalah,” ujarnya.

Kegiatan yang berlangsung, selama tiga hari tersebut diikuti 673 orang untuk atlet putra dan 485 orang atlet putri, mereka berasal dari 9 kabupaten/Kota termasuk dari luar Pulau Bali bertempat

Tujuan dari acara ini agar dapat menanamkan kepada anak-anak tentang kecintaan terhadap olahraga bela diri asli Indonesia serta melestarikannya. Dalam gelaran tahunan tersebut terdapat beberapa kategori yang dipertandingkan diantaranya laga atau tanding, seni tunggal, seni solo kreatif dan seni beregu jurus.

Untuk pembiayaan, mulai dari pendaftaran, tempat mereka menginap dan akomodasi lainnya. Dia mengatakan menggunakan dana khas minim yang didapat dari kumpul sukarela para orang tua anak-anak didiknya, dari sekolah mereka masing-masing jika diberikan dan kurang lebihnya pelatih coba untuk mengusahakan.

“Kami bersyukur walaupun dana terbatas, kita semua tetap semangat untuk meraih hasil yang terbaik, prinsip kami disini agar anak-anak yang berpotensi bisa mengikuti event serta tidak kecewa karena terbentur dana. Selama ini biasanya saya sebagai pelatih rembug dengan orang tua mereka, dan mencarikan dana ke sekolah,” katanya.

Dia berharap, untuk anak-anak ranting TS harus giat berlatih dan bisa berjaya di kejuaraan selanjutnya, satu lagi semoga orang-orang yang mempunyai besik seni di bidang pencak silat, marilah kita bangkitkan ranting ini bersama-sama. “Ujarnya Kembali.

Pelatih yang akrab di panggil Pak Otong tersebut juga menambahkan, jika hari ini ada kabar duka mengiringi perjalanan mereka bertanding, bagaimana tidak orang yang selalu mensuport dan memberikan perhatian kepada rantingnya telah meninggal dunia. Beliau adalah Ketua DPC BN Kabupaten Buleleng.

“Turut berduka cinta atas meninggalnya bapak Jero Sanjaya yang selama ini telah membantu  bangkitnya ranting TS pada tahun 2016 karena kegigihan, rasa solidaritas dan loyalitas beliau banyak membantu sampai detik ini. Kami selaku pelatih banyak mendapat dukungan motivasi serta materiil seperti pakaian dan alat untuk berlatih, seandainya beliau masih ada mungkin tidak susah masalah dana, beliau juga banyak membantu ranting BN Se-kabupaten buleleng khususnya TS. Untuk mengenang dan memberikan penghormatan terakhir, kami persembahkan medali ini untuk bapak Jero”Tutupnya sambil berkaca-kaca.

Untuk kita ketahui bersama jika Pencak Silat BN ranting TS sudah berdiri sejak tahun 1978 atau empat puluh lima tahun yang lalu beralamat di jalan  Pulau Selayar, namun sempat vakum lalu bangkit kembali  pada tahun 2016  sampai hari ini dan dikelola oleh dua orang pelatih pasangan suami istri yang bernama Wayan Ismana  dan Nengah Sari.

Wantilan Pura Taman Sari adalah tempat Home Base mereka untuk berlatih setiap hari, selama masa vakum dan aktif kembali sudah banyak kejuaraan yang telah mereka ikuti salah satunya kejuaraan di jawa timur, kejuaraan antar perguruan baik itu Gubernur Cup, Kejurda, Porda, Porprov dan kejuaraan lainnya.

Untuk masyarakat yang ingin bergabung dan berlatih di ranting TS cukup dengan cara datang ke lokasi mendaftar, mengisi formulir data-data diri dan membayar uang setiap hadir latihan sebesar Rp.5.000, yang nantinya akan digunakan untuk membeli alat-alat latihan serta memperbaiki fasilitas yang sudah ada.(ARN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER