Sabtu, Juli 13, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bandara Bali Utara Perlu Kajian Mendalam

DENPASAR – Wakil Gubernur (Wagub) Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati buka suara terkait rencana pembangunan Bandara Bali Utara. Ia menjawab diplomatis ketika ditanya perlu tidaknya pembangunan bandara yang sempat bikin Megawati Soekarnoputri ‘ngamuk’ itu.

“Saya dengar katanya sementara ini (pembangunannya) belum. Perlu kajian-kajian lebih mendalam lagi,” kata pria yang akrab disapa Cok Ace kepada wartawan di Denpasar, Senin (23/1/2023).

Meski begitu, Cok Ace justru menjelaskan sulitnya proses evakuasi wisatawan melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai saat erupsi Gunung Agung pada 2017 silam. Sebagai informasi, penerbangan via Bandara I Gusti Ngurah Rai sempat ditutup karena terganggu abu vulkanik ketika itu.

“Satu adalah yang pernah kami rasakan pada waktu Gunung Agung meletus. Bagaimana sulitnya kami mengevakuasi wisatawan ke Juanda karena itu adalah salah satu airport terdekat. Itu susah sekali, karena kalau lewat darat waktu itu sedang banjir di Sidoarjo dan lain sebagainya,” imbuh Cok Ace.

Ketika disinggung apakah Pemerintah Provinsi Bali akan mengusahakan terwujudnya Bandara Bali Utara, Cok Ace kembali menjawab diplomatis. “Perlu kajian-kajian kalau memang diperlukan apa yang dikhawatirkan selama ini, mari kita jawab kekhawatiran tersebut,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, rencana pembangunan Bandara Bali Utara mendapat tentangan dari mantan Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri. Ketua Umum PDIP itu bahkan memarahi sejumlah pejabat, termasuk Gubernur Bali I Wayan Koster.

Menurut Mega rencana pembangunan bandara di Buleleng hanya akan membuat sumpek dan tidak memberi banyak efek ekonomi kepada masyarakat.

“Saya bilang keluarga besar saya di Buleleng. Mau dibikinin lapangan terbang, ngamuk saya, dan saya panggil Pak Koster. Enak saja aku bilang, hanya untuk ngubungin pariwisata, enggak,” kata Megawati saat mengunjungi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur, Senin (16/1/2023). (iws/gsp/dtc)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER