Rabu, Mei 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bupati Tabanan Ungkap Masyarakat Puas Tiga Tahun Kepemimpinannya

TABANAN – Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya mengungkapkan mayoritas masyarakat Tabanan merasa puas dengan berbagai program yang dirancang dalam tiga tahun kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan.

Hal itu diungkapkan Sanjaya saat menggelar acara musyawarah perencanaan pembangunan kabupaten (Musrenbangkab) Rencana Kerja Pemerintah Daerah Semesta Berencana (RKPD-SB) Tahun 2025 di Tabanan, Bali, Senin (26/2).

Dalam acara yang digelar di Gedung Kesenian I Ketut Marya Kabupaten Tabanan itu, berbagai cerita sukses tiga tahun kepemimpinan Jaya-Wira diungkapkan Bupati Sanjaya dalam rangka mewujudkan Visi Tabanan menuju Tabanan era baru yang aman, unggul dan madani.

Hal tersebut mencakup bidang pangan, sandang, dan papan, bidang pendidikan dan kesehatan, jaminan sosial dan ketenagakerjaan, bidang adat, tradisi, seni dan budaya, serta bidang pariwisata yang ditunjang dengan pembangunan di bidang infrastruktur yang tetap memperhatikan keharmonisan dengan alam dan lingkungan.

“Di dalam menjalankan sebuah amanat yang diberikan oleh masyarakat Tabanan, tiga tahun kepemimpinan, kemarin astungkara 73 persen masyarakat di Kabupaten Tabanan telah mendukung pemerintahan Jaya Wira ini. Ini artinya masyarakat Tabanan ini sudah sangat menggantungkan harapannya kepada kami,” ujar Sanjaya.

Bupati Tabanan Komang Sanjaya menjelaskan, masa awal kepemimpinan Jaya-Wira yang kala itu dimulai bersamaan dengan masa Pandemi COVID-19. Wabah tersebut berdampak buruk terhadap berbagai sendi kehidupan masyarakat, sehingga menyebabkan anjloknya pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tabanan.

Namun, hal itu tak menyurutkan tekad Jaya-Wira untuk berkerja dan berkolaborasi bersama Sekda, semua Stakeholder serta anggota DPR, Perbekel dan Bendesa Adat untuk kompak bersatu mengatasi semua persoalan yang ada di Kabupaten Tabanan.

“Sekarang pembangunan Tabanan sudah di atas rata-rata, bahkan melampaui provinsi, itu artinya apa ini kerja kolaborasi yang sangat luar biasa, komunikasi yang terbuka terarah dan transparansi. Ketika modal itu bisa kita pegang bersama, astungkara Tabanan era baru, aman, unggul dan madani bisa kita capai, asal kita selalu kompak bersatu untuk mencintai masyarakat Tabanan,” kata Sanjaya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Provinsi Bali I Wayan Wiasthana Ika Putra menyampaikan apresiasinya dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Tabanan Tahun 2025.

Dirinya mengatakan Pemerintah Kabupaten Tabanan di bawah kepemimpinan Bupati Sanjaya dan jajaran mampu membangun Kabupaten Tabanan, sehingga capaian Tabanan dalam pembangunan ekonomi rata-rata lebih baik dari pada Provinsi Bali di tahun 2020-2023 usai menghadapi pandemi COVID-19.

“Hal ini berkat fondasi sektor pertanian di Tabanan yang masih kuat, sehingga mampu menumpu struktur ekonomis secara keseluruhan. Artinya kebijakan pembangunan ekonomi Tabanan yang dikomandani pak bupati sudah sangat tepat,” ujar Ika Putra.

Pada saat yang sama, Kepala Bappeda Kabupaten Tabanan I Made Urip Gunawan memaparkan laporannya terkait Musrenbangkab RKPD Semesta Berencana Kabupaten Tabanan Tahun 2025 yang dilaksanakan usai secara bertahap melangsungkan Musrenbang tingkat Desa dan tingkat Kecamatan.

Adapun tujuan untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan dengan menghimpun saran dan masukan dari para pemangku kepentingan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan untuk menyempurnakan rencana kerja pembangunan di Kabupaten Tabanan.

Dalam paparannya, Urip Gunawan menunjukkan capaian makro Kabupaten Tabanan di Tahun 2020-2023 mengalami kenaikan laju pertumbuhan ekonomi, penurunan angka pengangguran terbuka, penurunan persentase kemiskinan dan peningkatan indeks pembangunan manusia.

Capaian yang sudah diwujudkan ini, diharapkannya menjadi modal di tahun 2025 untuk menjawab tantangan pembangunan ke depan dengan tema

“Pengembangan daya saing regional dan internasional produk unggulan daerah yang diharapkan juga dapat menjawab permasalahan dan isu strategis dalam lima bidang prioritas di Kabupaten Tabanan,” katanya. (ant/sb)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER