Jumat, Juli 19, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dangri Kangin Festival 2023 Tumbuhkan Seni Budaya Desa

DENPASAR – Pelaksanaan Dangin Puri (Dangri) Kangin Festival VI, yang berlangsung dua hari (26-27 Augustus 2023), di Kawasan Pendidikan Jalan Kamboja Denpasar, menjadi wadah kelompok (sekaha) yang ada di masing-masing banjar dalam berkesenian dan pelestarian seni dan budaya Bali.

“Dangin Puri Kangin Festival VI ini dikemas dengan sejumlah rangkaian acara menarik yang melibatkan partisipasi komponen masyarakat desa,” kata Perbekel Dangri Kangin, I Wayan Sulatra.

Dia menjelaskan, dalam acara ini ditampilkan potensi seni di masing-masing banjar seperti Parade Gong Kebyar Ibu-Ibu PKK, hingga Sekaa Shanti dan Geguntangn dari seluruh banjar se- Desa Dangin Puri Kangin.

Tak hanya itu, penampilan yang sangat ditunggu-tunggu yakni Parade Baleganjur STT (Sekaa Teruna Teruni) dari tujuh Banjar yang menyuguhkan atraksi luar biasa dan berhasil memukau penonton.

Lebih lanjut dijelaskan, selain atraksi seni budaya juga, festival ini dimeriahkan dengan pameran beragam jenis kuliner dan pelaku ekonomi kreatif di Desa Dangin Puri Kangin. Sehingga, pengunjung yang hadir, selain mendapatkan hiburan juga bisa memanjakan lidah dan perut dengan beraneka ragam kuliner lezat dari 30 pelaku UMKM di desa digital ini.

Selain itu,  turut  digelar beragam lomba, mulai dari lomba menggambar, mewarnai dan menyanyi untuk anak-anak, serta demeriahkan dengan artis penyanyi dan band Bali seperti Nanoe Biru, Harmonia dan Bayu KW.

Sementara itu, Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan Dangri Kangin Festival ini. Pihaknya mengaku bangga dan kagum atas komitmen Desa dalam menumbuhkan dan menjaga seni budaya yang dimiliki serta memberikan wadah serta ruang kreatifitas bagi pelaku kreatif dan UMKM untuk terus bertumbuh.

Dimana, lanjut Jaya Negara, lewat kegiatan ini secara langsung mendukung visi Denpasar sebagai Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju. Hal ini khususnya misi kelima yakni menguatkan jati diri dan pemberdayaan masyarakat berdasarkan kebudayaan Bali.

“Tentu kami dari Pemerintah Kota Denpasar memberikan apresiasi sekaligus dukungan atas pelaksanaan Dangin Puri Kangin Festival VI Tahun 2023 ini, semoga kegiatan semacam ini terus tumbuh sebagai upaya mewadahi kreatifitas untuk mendukung pelestarian seni budaya, termasuk juga mendukung pergerakan perekonomian lokal pelaku UMKM,” ujar Jaya Negara.

Kegiatan yang mengangkat tema Candika Jiwa Janu Khandra, yang berarti upaya kreatif untuk memperkokoh jiwa menuju cahaya kehidupan yang sejahtera dan bahagia.(WIR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER