Sabtu, Juli 13, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dua OPD Denpasar Raih Penghargaan ZI Menuju WBK

DENPASAR – Dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Denpasar sukses meraih penghargaan nasional. Dimana, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPSP) dianugrahi Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas  Korupsi (WBK).

Penghargaan diserahkan langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Annas yang diterima Kepala Bapenda Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Eddy Mulya bersama Kepala DPMPTSP Kota Denpasar, Ida Bagus Benny Pidada Rurus serangkaian kegiatan RBXPerience dan Penyerahan Penghargaan Hasil Evaluasi AKIP, RB, dan ZI, di Nusa Dua, Bali, Rabu (6/12).

Menteri PANRB Republik Indonesia, Abdullah Azwar Annas mengatakan, penyerahan penghargaan hasil evaluasi SAKIP, RB, dan ZI ini merupakan apresiasi kepada instansi pemerintah yang telah memberikan upaya terbaiknya dalam mengelola birokrasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Penghargaan ini juga diharapkan mampu memberikan motivasi kepada instansi untuk selalu berbenah melakukan reformasi birokrasi yang berdampak nyata bagi masyarakat,” katanya.

Azwar Annas menjelaskan, penyerahan hasil evaluasi tersebut dilakukan dalam rangkaian kegiatan RBXperience dengan agenda hari pertama coaching clinic, peer teaching, serta talk show bersama para praktisi terbaik kebijakan RB di Indonesia. Sehingga diharapkan mampu memberikan lesson learnt dari K/L/D untuk mempercepat peningkatan kualitas tata kelola instansi pemerintahan.

“Beberapa best practice dalam percepatan implementasi RB Tematik dihadirkan untuk dapat direplikasi strategi implementasinya dalam penanganan isu kemiskinan, penurunan stunting, pengendalian inflasi, penggunaan produk dalam negeri dan penerapan administrasi pemerintahan secara digital,” ujarnya

Kepala Bapenda Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Eddy Mulya bersama Kepala DPMPTSP Kota Denpasar, Ida Bagus Benny Pidada Rurus dalam kesempatan tersebut mengatakan, Pembangunan dan Evaluasi Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas  Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Instansi Pemerintah tertuang dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 90 Tahun 2021.

Lebih lanjut Eddy Mulya yang didampingi Sekretaris Bapenda Dewa Gede Rai menjelaskan, Bapenda  Kota Denpasar untuk pertama kalinya mengikuti penilaian Zona Integritas (ZI). Meski demikian  berhasil meraih penghargaan nasional. Pihaknya mengatakan, bahwa penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi sekaligus penghargaan atas pencapaian pelayanan di Bapenda  Kota Denpasar. Sehingga kedepanya dapat terus meningkatkan pelayanan serta integritas seluruh jajaran agar  mampu meraih Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

“Penghargaan ini tentu sebagai sebuah bentuk apresiasi dan penghargaan dalam pencapaian pelayanan di Bapenda  Kota Denpasar, sekaligus juga menjadi tantangan untuk terus meningkatkan pelayanan dan meningkatkan integritas seluruh jajaran pegawai sehingga nantinya bisa meraih WBBM,” ujarnya

Hal senada disampaikan Kepala DPMPTSP Kota Denpasar, Ida Bagus Benny Pidada Rurus. Dimana, penghargaan ini hendaknya menjadi cambuk untuk terus berinovasi dan meningkatkan integritas guna mendukung peningkatan pelayanan di Kota Denpasar.

“Penghargaan ini hendaknya menjadi cambuk untuk terus berinovasi dan meningkatkan integritas dalam mendukung kemajuan Kota Denpasar,” ujarnya. (WIR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER