Senin, Mei 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Gema Tridatu Jadi Wadah Promosi UMKM Denpasar

DENPASAR – Pameran Gelar Bersama Industri dan Perdagangan Bermutu (Gema Tridatu), di Kawasan Depan Museum Bali Denpasar, Jumat (16/2/2024) jadi wadah untuk mempromosikan UMKM Denpasar, agar naik kelas.

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara mengatakan, kegiatan Pameran Gema Tridatu juga dirangkaikan untuk memperingati HUT ke-236 Kota Denpasa, dimana pameran ini juga sebagai media untuk menekan inflasi yang ada di kota denpasar.

“Setidaknya bisa meringankan beban masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok menjelang hari raya,” kata Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa.

Jaya Negara menambahkan, pelaksanaan Pameran Gema Tridatu ini merupakan bentuk dukungan Pemkot Denpasar dalam mewujudkan UMKM naik kelas. Sehingga kedepannya mampu berdaya saing baik skala lokal, nasional bahkan internasional.

“Jadi kegiatan ini dikemas dengan kolaboratif, ada pasar murah, operasi pasar, ada UMKM baik itu kerajinan dan fashion, ada juga safari kesehatan, semoga memberikan kemamfaatan bagi masyrakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar Ni Nyoman Sri Utari mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya peningkatan kesejahteraan bagi IKM/UMKM Kota Denpasar.

Dimana, kegiatan ini terlaksana atas kolaborasi Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Perindutrian dan Perdagangan Kota Denpasar dan Dekranasda Kota Denpasar dalam rangkaian acara HUT ke-236 Kota Denpasar.

Dikatakannya, Pameran Gema Tridatu merupakan suatu inovasi untuk menciptakan event promosi bagi IKM/UMKM Kota Denpasar. Untuk itu Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar dan Dekranasda Kota Denpasar memberikan fasilitasi event bagi IKM/UMKM Kota Denpasar melalui pelaksaan pameran Gema Tridatu dalam rangkaian HUT ke-236 Kota Denpasar.

Beberapa pihak turut berpartisipasi dalam kegiatan ini, diantaranya Komunitas Keris (Setiaki 9), UMKM Fashion, Perajin Tenun Endek dan lainya. Adapun beberapa kegiatan turut dikemas dalam pelaksanaanya selama 2 hari (16-17 Februari 2024), yakni Pameran IKM/UMKM dan Pasar Murah, Senam Bersama dan Lomba Tarik Tambang, Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Konseling Mobil Ceria, Bazzar Pangan dan Kuliner dari PKK Kota Denpasar.

“Untuk peserta yang berpartisipasi dalam Pameran Gema Tridatu, diikuti 40 IKM/UMKM Kota Denpasar,” jelasnya.

Dia menjelaskan, pameran tersebut juga menjual bahan-bahan kebutuhan pokok dengan harga lebih murah dibandingkan harga pasaran terutama beras. Terlebih saat iniĀ  sudah mendekati hari raya galungan dan kuningan.

Adapun Dari harga pasar murah tersebut diketahui Beras Raja Premium 5 Kg seharga Rp. 69.000, Beras Premium SPHP 5 Kg dengan harga Rp. 52.500, Gula Rose Brand dengan harga Rp. 15.000/Kg, Cabe Kecil (1kg) dengan harga Rp. 50.000, Bawang Merah (1kg) dengan harga Rp. 28.000, Bawang Putih (1kg) dengan harga Rp. 33.000, Minyak Kita 1 Liter dengan harga Rp. 15.000 dan Telur dengan harga Rp. 45.000/krat.(WIR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER