Sabtu, Mei 18, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Graha Nawasena Program Menginspirasi Untuk Daerah Lain di Indonesia

DENPASAR – Tenaga Ahli Madya Kedeputian V Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu Politik, Hukum, Pertahanan, Keamanan, dan HAM Strategis, Kantor Staf Presiden Republik Indonesia, Sunarman Sukamto mengunjungi Graha Nawasena Rumah Harapan Disabilitas Kota Denpasar, Senin (18/3/2024).

Kehadiran rombongan Staf Presiden RI yang juga tampak dihadiri dari Direktur Sasana Inklusi & Gerakan Advokasi Difabel  (SIGAB) Indonesia, Joni Yulianto beserta rombongan yang diterima Kadis Sosial Denpasar, I Gusti Ayu Laksmy Saraswati didampingi Sekretaris Dinas Sosial, Yudya Putri, dan teman-teman disabilitas Kota Denpasar.

“Kami hadir di Kota Denpasar dan dapat melihat langsung kegiatan di Graha Nawasena, Rumah Harapan Disabilitas di Kota Denpsar. Kami apresiasi Ruang Kreativitas Difabel, Dukung Langkah Pemkot Denpasar dalam pemberdayaan disabilitas, dan Graha Nawasena baru pertama saya temukan di Indonesia,” ujar Tenaga Ahli Madya Kedeputian V Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu Politik, Hukum, Pertahanan, Keamanan, dan HAM Strategis, Kantor Staf Presiden Republik Indonesia, Sunarman Sukamto.

Lebih lanjut disampaikan, berbagai agenda ruang kreatif telah dilakukan Dinas Sosial Denpasar dalam keterlibatan disabilitas. Mulai dari pelatihan hingga pementasan kolosal seni budaya. Hal ini mendapat perhatian penuh oleh Walikota Denpasar dan Wakil Walikota Denpasar dalam memberikan cambuk semangat kreativitas untuk memberikan ruang yang sama dengan masyarakat lainnya.

“Kami telah berkeliling Indonesia melihat dan mendengar berbagi program disabilitas, dan Graha Nawasena sebagai satu-satunya program yang dapat ditiru daerah lain. Program di Graha Nawasena tidak kaku dan sangat menyatu dengan harapan disabilitas di Kota Denpasar dalam menuangkan ide dan kreativitas disabilitas,” ujarnya.

Sementara Kadis Sosial Denpasar, I Gusti Ayu Laksmy Saraswati menyampaikan, Graha Nawasena Rumah Harapan ini merupakan wujud nyata komitmen pemerintah mendorong Denpasar sebagai kota inklusif yang ramah disabilitas. Dari Graha Nawasena ini diharapkan mampu menggugah inspirasi dan inovasi serta menjadi wahana edukasi guna menggugah semangat wirausaha disabilitas. “Bapak Walikota dan Wakil Walikota Denpasar melalui spirit Vasudhaiva Khutumbakam secara berkelanjutan mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat, termasuk penyandang disabilitas yang kini memiliki rumah inspirasi dan rumah kreatif Graha Nawasena untuk mengangkat harkat dan martabat para penyandang disabilitas Kota Denpasar,” ujarnya.

Setelah mengunjungi Graha Nawasena, rombongan dari Staf Kepresidenan RI juga mengunjungi Rumah Berdaya Kota Denpasar, merupakan tempat yang memberikan layanan rehabilitasi bagi penderita gangguan kesehatan jiwa skizofrenia agar bisa pulih, mandiri, dan produktif yang berlokasi di Jalan Raya Sesetan, Pegok,  Kecamatan Denpasar Selatan.(WIR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER