Minggu, Desember 3, 2023
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Hari Kelima, Penanganan Kebakaran TPA Suwung Optimalkan Metode Injeksi Air

DENPASAR – Hari kelima, penanganan Kebakaran TPA Suwung, Kecamatan Denpasar Selatan terus dioptimalkan dengan metode Injeksi Air, Senin (16/10/2023). Selain menggunakan Injeksi Air, penanganan juga dilaksanakan dengan dua Helikopter Water Bombing dan Pasukan Pemadam Kebakaran.

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara ditemui usai pemantauan proses pemadaman dengan injeksi air mengharapkan, upaya ini mempercepat proses pemadaman api kebakaran TPA Suwung. Hal ini terutama mampu menghentikan persebaran titik api.

“Berbagi upaya telah dilakukan untuk penanganan kebakaran melalui berbagai strategi. Yang terbaru adalah Injeksi Air yang mulai diterapkan per hari ini,” ujarnya

Lebih lanjut dijelaskan, sebelumnya beragam strategi juga telah diterapkan. Pertama yakni Helikopter Water Bombing BNPB yang semula satu kini ditambah menjadi dua Helikopter. Kedua, Optimalisasi penanganan darat dengan personil pemadam kebakaran dan yang terbaru adalah menggunakan metode injeck air dengan alat yang langsung didatangkan dari Sulawesi dukungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Dikatakannya, proses injeck air ini menggunakan pipa dan disemprotkan dengan air yang telah dicampurkan bahan kimia untuk pendinginan lokasi titik api. Pemadaman melalui darat kali ini juga di bantu 11 mobil damkar dari BPBD Kabupaten Badung.

“Proses penyisiran lokasi kebakaran TPA Suwung terus dilakukan semoga musibah kebakaran ini dapat kita atasi segera dengan kolaborasi dan dukungan dari semua pihak hingga TNI dan Polri,” ujar Jaya Negara.

Ditambahkan Pangdam IX Udayana Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Harfendi yang juga turut memantau proses pemadaman api, menyampaikan TNI siap mendukung upaya pemadaman kebakaran di TPA Suwung.

Berbagai upaya dan langkah-langkah penanganan telah dilakukan yang melibatkan pemerintah daerah, BPBD, BNPB, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta TNI dan Polri. Namun penanganan ini harus dilakukan bersama-sama berkolaborasi dan kami dari TNI siap membantu dalam penanganan musibah kebakaran di TPA Suwung.

“Kita sudah lihat musibah kebakaran di TPA Suwung serta telah berbagai upaya dilakukan dan hari ini dilakukan dengan injeck air dan kita berkolaborasi bersama karena ini persoalan pelik dan TNI siap membantu apapun tenaga yang dibutuhkan kita siap,”¬†ujarnya.(WIR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER