Sabtu, Juli 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

HUT ke-78 RI, Partai PKS Bali Gelar Lomba Baca Teks Proklamasi

DENPASAR – Menyambut HUT kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78, DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Bali bersiap menggelar lomba baca teks proklamasi ala Bung Karno.

Ketua DPW PKS Bali, Hilmun Nabi, kepada SiaranBali.com, Jumat (4/8/2023) mengatakan, lomba yang memperebutkan hadiah jutaan rupiah ini bertujuan menumbuhkan spirit nasionalisme generasi muda Pulau Dewata dalam mengenang semangat perjuangan para pahlawan pendiri bangsa.

“Lomba ini bersifat gratis dan terbuka untuk peserta umum berusia 17-30 tahun. Para calon peserta bisa mendaftar secara online, lalu mengupload video rekaman diri saat membaca teks proklamasi ke akun sosial media (instagram, facebook, tiktok) dan menandai akun DPW PKS Bali. Batas akhir pengiriman sampai tanggal 10 Agustus mendatang,” ungkap Hilmun.

Terkait kriteria penilaian, Hilmun mengatakan, akan dinilai dari masing-masing kreatifitas dan ekspresi penjiwaan personal para peserta. Selain juga vokal, artikulasi dan intonasi yang semirip mungkin seperti sang proklamator RI, Bung Karno, saat membacakan teks proklamasi.

“Karena bersifat online, maka jumlah like dan komentar positif netizen di sosial media juga menjadi salah satu aspek penilaian kami,” jelasnya.

Lebih lanjut mantan Anggota DPRD Kota Denpasar periode 2014-2019 ini menjelaskan, nantinya peserta yang meraih predikat juara lomba di Bali akan diikutsertakan ke babak final tingkat nasional, dan akan bertarung dengan peserta terbaik dari provinsi lainnya pada tanggal 22 Agustus 2023.

“Rencananya lomba tingkat nasional ini akan diselenggarakan di Bali, nantinya akan dihadiri langsung oleh pengurus pusat DPP PKS,” ucap politisi ramah ini.

Seperti diketahui, gelaran lomba pembacaan teks proklamasi mirip Bung Karno ini merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Fraksi PKS DPR RI. Telah rutin diadakan sejak tahun 2017 lalu yang diharapkan mampu mendorong masyarakat untuk meneladani sikap Bung Karno dalam berjuang mewujudkan cita-cita kemerdekaan demi terwujudnya Indonesia adil dan sejahtera. (dre)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER