Jumat, September 22, 2023
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Imigrasi Ngurah Rai Deportasi WNA Tiongkok

BADUNG – Imigrasi Ngurah Rai, Bali, memberikan tindakan tegas terhadap pelanggar aturan keimigrasian, dengan mendeportasi seorang laki-laki berkewarganegaraan Tiongkok berinisial YY (37), karena melebihi masa izin tinggal yang diberikan (overstay) lebih dari 60 hari.

Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai, Bali, Sugito dalam keterangannya, Jumat (5/5/2023) menyampaikan, YY diamankan Tim Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Inteldakim) Imigrasi Ngurah Rai, dalam patroli keimigrasian pada 26 April 2023 dan langsung dilakukan pemeriksaan pada hari yang sama.

“Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan bidang Inteldakim, didapati keterangan bahwa yang bersangkutan masuk ke wilayah Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta menggunakan Visa Kunjungan (B211A) pada 26 Juni 2021. YY memiliki izin tinggal yang berlaku sampai dengan 19 September 2022,” pungkasnya.

Dalam pemeriksaan, kata dia, YY mengaku dijanjikan akan diberi pekerjaan oleh temannya yang sesama WN Tiongkok setibanya di Indonesia. Namun sampai saat ini pekerjaan yang dijanjikan tidak kunjung didapatkan. Dan untuk bertahan hidup di Indonesia yang bersangkutan mengandalkan tabungan dan kiriman uang dari keluarga di Tiongkok.

Terhadap pelanggaran yang dilakukan YY, kaya dia, kenakan pasal 78 Ayat (3) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Atas dasar tersebut, terhadap yang bersangkutan dikenai Tindakan Administratif Keimigrasian (TAK) berupa pendeportasian dan nama yang bersangkutan dicantumkan dalam daftar penangkalan.

‚ÄúTiket penerbangan ditanggung oleh yang bersangkutan pribadi, jadi Imigrasi tidak menanggung biaya tiketnya. Yang bersangkutan sudah kami deportasi dini hari tadi (5 Mei 2023) menggunakan penerbangan Xiamen Air MF892 (Denpasar-Xiamen),” tambah Sugito.

Sugito mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang proaktif memantau dan melaporkan berbagai jenis pelanggaran atau patut diduga melanggar aturan yang dilakukan oleh Warga Negara Asing kepada Imigrasi Ngurah Rai sehingga dapat diambil tindakan tegas.(WIR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER