Sabtu, Juli 13, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jaga Keharmonisan, Forkompinda Klungkung Pantau Perayaan Tahun Baru Imlek 2574

KLUNGKUNG – Tahun Baru Imlek merupakan perayaan yang ditunggu oleh Masyarakat Tionghoa. Berkaitan dengan hal tersebut Masyarakat Tionghoa Kabupaten Klungkung merayakan Tahun Baru Imlek 2574.

Pada kesempatan ini Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Komandan Kodim 1610 Klungkung dan Kapolres Klungkung memantau situasi perayaan Tahun Baru China ini di Vihara Dharma Ratna Kabupaten Klungkung, Minggu (22/1).

Kehadiran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) ini disambut Ketua Panitia pelaksanaan imlek Edo Hartanto Sungkono, Ketua Wihara Edwin Adiputra  dan Sekertaris Yayasan Suka Duka Tulus Hati Made Hendra Kerta Negara.

“Kami Forum Komunikasi Pimpinan Daerah hadir guna memantau situasi perayaan imlek di Kabupaten Klungkung ini merupakan tradisi perayaan tahun baru dimana perayaan kali ini mengambil tema 7 Merajut Harmoni Dalam Kebinekaan. Karena di Kabupaten Klungkung keharmonisan selalu kita jaga bersama sama ditengah kebinekaan keyakinan,” ujar Bupati Klungkung.

Ia menjelaskan, tidak hanya perayaan ini saja, namun kami selalu hadir dalam semua perayaan agama lainnya dalam menjaga keharmonisan dan menjaga silahtarumi.

“Selamat merayakan tahun baru imlek 2574 kepada seluruh masyarakat Tionghoa, Gong Xi Facai semoga semua sehat dan selalu berbahagia serta  Wilayah Kabupaten Klungkung tetap aman dan maju,”  ungkap Bupati Suwirta.

Sementara itu, Ketua Panitia pelaksanaan Imlek, Edo Hartanto Sungkono mengatakan berbagai ritual dilaksanakan dalam perayaan Imlek ini.

“Dimulai dengan pembersihan Arca dan Ngelawang Barong Sai pada tanggal 15 Januari. Kemudian pada hari sabtu tanggal 21 diisi upacara penutupan tahun pada jam 19.00 dan upacara pembukaan tahun pada jam 00.00,” terangnya.

Lanjutnya, umat biasanya melanjutkan dengan kegiatan Sembahyang keliling ke wihara wihara. “Pas puncaknya pada tanggal 5 Februari dengan perayaan Cap Gomeh yang diisi acara hiburan, makan makan  serta pembagian angpao di Vihara Dharma Ratna” jelas Edo Hartanto.(009)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER