Minggu, Desember 3, 2023
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kelompok Subak Aban Dapat Bantuan Benih Padi Unggul 1,6 Ton

BADUNG – Sekretaris Daerah I Wayan Adi Arnawa membuka secara resmi acara Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi petugas pertanian, sekaligus penyerahan Benih Padi Unggul Ciherang sebanyak 1,6 ton kepada Subak Aban, bertempat di Kantor BPP Abiansemal, Kamis (26/10/2023).

“Berbicara ketahanan pangan, perlu adanya dukungan terhadap para petani di Badung, yang masuk kelompok Subak, dalam rangka menjaga ketahanan pangan dan alih fungsi lahan,” ucap Adi Arnawa didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Badung I Wayan Wijana.

Pihaknya mengajak kepada penyuluh pertanian, agar bisa menghasilkan produktivitas hasil pertanian menjadi bagus, diimbangi dengan SDM yang dimiliki. “Maka dari itu mari kita bersama-sama bergerak di dari hulu, untuk bagaimana caranya kita agar SDM yang kita miliki bisa tetap menjaga kedaulatan pangan dan ketahanan pangan di sektor pertanian,” katanya.

Adi Arnawa berharap, Subak memiliki satu Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), dalam rangka menentukan capaian kinerjanya. Contohnya, bagaimana cara agar menjaga alih fungsi lahan, menjaga hasil produktivitas pertanian, bagaimana agar hasil produksi menjadi meningkat, tanpa adanya dukungan dari kearifan lokal Subak tersebut.

Dia berharap, masing-masing penyuluh agar menunjukan kinerja dalam hal ini mendampingi Subak, dari segi menjaga alih fungsi lahan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Badung I Wayan Wijana mengatakan, Tahun 2023, Dinas Pertanian sudah melaksanakan Bimtek kepada para pekaseh dan kelian Subak berjalan dengan lancar, dan banyak manfaat yang diterima oleh para Pekaseh.

Sesuai dengan harapan para Pekaseh, maka para Petugas Pertanian perlu juga mendapatkan perhatian berupa Bimbingan Teknis (Bimtek), dimana tugas PPL yang berhadapan langsung dengan para petani.

“Peran PPL merupakan petugas penyuluh pertanian yang merupakan perpanjangan tangan pemerintah, berbagai kebijakan pemerintah di sektor pertanian yang disampaikan langsung oleh para penyuluh kepada para petani. Begitu pula menyerap aspirasi dari petani, maupun para pekaseh, untuk untuk disampaikan kepada pemerintah,”¬†katanya.(WIR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER