Senin, Juli 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kepala Kemenkumham: Pentingnya Imigrasi Jaga Kedaulatan Negara

DENPASAR – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi Bali, Anggiat Napitupulu menjelaskan, pentingnya fungsi keimigrasian dalam menjaga kedaulatan negara.

“Apalagi di era globalisasi yang bergerak sangat dinamis. Sangat penting menjaga kedaulatan negara. Maka itu, keimigrasian menjadi salah satu aspek yang perlu diperhatikan. Terutama untuk para pelaku usaha, baik lokal maupun asing jika ingin menjalankan aktivitas bisnis di Indonesia,” jelas Anggiat saat berbicara di hadapan para konsulat negara asing, dalam acara Bali Consular Corps, di Denpasar, Rabu (30/8/2023).

Lebih lanjut dia memaparkan, keimigrasian dalam hal ini di bawah Kemenkumham merupakan unsur penting dalam pemerintahan negara yang bertugas memberikan pelayanan.

“Baik itu dari sisi penegakan hukum, keamanan negara, serta fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat,” terang pejabat asal Sumatera Utara tersebut.

Dia pun berharap, kehadirannya dalam forum ini dapat memberikan informasi terkini yang penting bagi para konsulat serta para perwakilan negara-negara sahabat di Bali. Utamanya terkait kebijakan di bidang hukum dan HAM.

Diketahui, forum Bali Consular Corps diselenggarakan oleh Konsulat Kehormatan Malaysia dan Konsulat Kehormatan Ukraina yang rutin digelar setiap bulannya. Bertujuan meningkatkan persahabatan, kerjasama dan saling pengertian antara para konsulat di Bali dengan pihak pemerintah dan masyarakat.

Dalam kegiatan kali ini, turut dihadiri perwakilan Pemprov Bali, serta beberapa Konsulat Kehormatan negara sahabat lainnya seperti United Kingdom, Romania, Jepang, Denmark, South Africa, USA, Brazil, Australia, Finlandia, Norwegia, Korea, Chechnya, dan Timor Leste. (Dre/rls)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER