Sabtu, Juni 15, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kontes Ikan Mas Koki Bali Meriah

DENPASAR – Ratusan Ikan Mas Koki Bali dari berbagai komunitas, ikuti lomba Kontes Ikan Mas Koki Bali yang diselenggarakan oleh Komunitas Tedung Koki di Halaman Hotel Geria Ratu Prahandari, Denpasar Barat pada Minggu (30/4).

Ikan Mas Koki Bali merupakan salah satu ikan air tawar yang telah menjadi ikan endemik asal Pulau Dewata. Nama Ikan Mas Koki Bali merupakan nama yang diberikan oleh pembudidaya ikan ini untuk membedakannya dari Ikan Mas Koki jenis lainnya yang secara morfologi memiliki perbedaan.

“Be Barong” sebutan lain ikan ini karena memiliki ekor panjang melambai dan banyak belahan (sepak). Saat ini Ikan Mas Koki Bali sudah didokumentasikan dan diarsipkan dalam Pusat Data Nasional Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) Sumber Daya Genetik di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Denpasar. Ida Bagus Mayun Suryawangsa mengatakan, Kota Denpasar sendiri memiliki potensi pasar perikanan yang besar. Hal itu terbukti dengan banyaknya permintaan ikan air tawar dan ikan hias khususnya Ikan Mas Koki Bali di pasaran.

Hadirnya kegiatan Kontes Ikan Mas Koki Bali menambah satu keragaman kegiatan organisasi hobi yang ada di Kota Denpasar. Kegiatan Ini perlu terus ditumbuhkembangkan mengingat berbagai potensi yang berhubungan dengan bisnis Ikan Maskoki Bali ini dapat memberikan harapan apabila dikaji dari potensi ekonomi yang terkandung didalamnya.

Kontes Ikan Mas Koki Bali seperti ini tentunya dapat memberikan manfaat pelestarian budaya dan ekonomi kreatif. Keberadaan Ikan Mas koki Bali ini dapat terus disosialisasikan sebagai warisan budaya di Bali.

“Pemerintah akan terus mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini karena dinilai positif didalam mewadahi dan mengarahkan kegiatan hobi ke arah yang memberikan manfaat dalam kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat,” kata Mayun Suryawangsa.

Kontes ini mendapat sambutan antusias dari para penggemar Ikan Mas Koki dan masyarakat pengoby Mas Koki Bali. (WIR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER