Senin, Mei 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

KPU Denpasar Mulai Lipat Surat Suara Pemilihan DPD

DENPASAR – Ketua KPU Denpasar Dewa Ayu Sekar Anggraeni menyampaikan pihaknya mulai melipat surat suara untuk pemilihan DPD, Jumat, karena logistik ini baru diterima dari pusat pada Rabu (10/1) lalu, sehingga proses pelipatannya paling akhir.

“Pelipatan surat suara sedang berlangsung untuk surat suara DPD RI, mulai pagi ini dan estimasi pengerjaan selama tiga hari,” kata dia di Denpasar, Bali, Jumat.

Ketua KPU Denpasar itu mengatakan surat suara jenis ini baru masuk gudang GOR Kompyang Sujana dua hari lalu sekitar pukul 23.30 Wita sebanyak 506.697 lembar yang dikemas dalam 507 kardus, ditambah surat suara untuk pemungutan suara ulang sebanyak 1.000 lembar yang disimpan di kantor mereka.

Dengan ini maka seluruh logistik surat suara sudah lengkap diterima, dimana jenis pemilihan DPRD kota, DPRD provinsi, DPR RI, sudah terlebih dahulu diselesaikan proses sortir dan pelipatannya, lantaran proses cetak dilakukan di Pulau Dewata langsung.

Begitu juga jenis pemilihan presiden dan wakil presiden yang dicetak pusat, namun lebih dahulu sampai pada penghujung 2023 sehingga dapat diproses lebih awal.

“Untuk surat suara DPD RI, seluruh kardus yang diterima dalam kondisi baik dan utuh. Selama proses sortir dan lipat dari pagi hingga sore ini oleh relawan yang sudah menyelesaikan 214 kardus yang berisi masing-masing 1.000 lembar, ditemukan 26 lembar surat suara yang rusak karena noda, robek, gradasi warna, dan tampak depan kosong,” ujar Sekar.

Dengan demikian saat ini KPU Denpasar hanya tinggal menunggu kedatangan formulir dan sampul untuk membungkus surat suara yang harus dimasukkan ke dalam kotak suara masing-masing jenis pemilihan.

“Seluruh surat suara sudah diterima, yang belum diterima C plano hasil untuk varian DPRD provinsi dan DPRD kota, sampul kubus, formulir C kejadian khusus, C pendamping pemilih, C pemberitahuan, salinan DPT & DPTb, serta daftar hadir,” sebutnya.

Sejauh ini, 146 orang relawan pelipat surat suara sudah melipat 2.541.485 surat dan menemukan 0,58 persen surat yang rusak, selanjutnya mereka juga akan merakit kotak suara.

Sekar menyebut sebanyak 3.191 dari 9.435 kotak sudah dirakit, proses perakitan akan dilanjutkan setelah pelipatan surat suara DPD RI selesai, kemudian pemetaan logistik tiap TPS baru dapat dilakukan pada tahap akhir. (ant/sb)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER