Selasa, Juni 25, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Man City Vs MU: Foden Dua Gol, Citizens Menang 3-1

MANCHESTER – Manchester City sukses melakukan comeback ketika menjamu Manchester United di laga pekan ke-27 Premier League 2023/2024 di Etihad Stadium, Minggu (03/03/2024) malam WIB.

Pertandingan derby Manchester ini berjalan menarik. Man United cukup bisa merepotkan Man City, khususnya di babak pertama.

Gol-gol Man City dihasilkan Phil Foden (brace) dan Erling Haaland. Sementara gol Man United dipersembahkan Marcus Rashford.

Hasil ini membuat Man City kini mengmas 62 angka dari 27 laga. Mereka berada di posisi kedua klasemen sementara Liga Inggris 2023/2024. Sementara itu MU ada di posisi enam dengan koleksi 44 angka.

Babak Pertama

Manchester City langsung menekan pertahanan Manchester United. Mereka mengurung pertahanan Setan Merah dan mencari celah untuk mencetak gol.

Akan tetapi, pada menit ke delapan MU bisa mencuri gol lebih dahulu. Onana melepas umpan ke belakang pertahanan City pada Bruno Fernandes. Pemain Portugal ini kemudian menahan bola di ujung kotak penalti dan akhirnya memberikan umpan pendek pada Marcus Rashford. Dengan sepakan geledek dari luar kotak penalti, Rashford sukses menjebol gawang United. Bola melesat ke pojok kanan atas gawang Ederson. 0-1!

Pada menit ke-13 peluang akhirnya didapatkan oleh City. Silva memberikan umpan pada Foden di dalam kotak penalti. Pemain Inggris itu kemudian melepas tembakan kaki kanan dari sudut sempat. Bola melesat kencang dan mendatar, tapi Onana sukses menghalau peluang tersebut.

Pada menit ke-16 Dias melalukan kesalahan saat mengontrol bola dan membuat bola itu bisa diumpankan pada Marcus Rashford, yang bisa berlari mendahului Kyle Walker dan bebas melaju ke kotak penalti. Sayangnya Rashford gagal mengontrol bola dengan baik dan peluang mengancam gawang City sirna.

Menit ke-18, City mendapat peluang emas. De Bruyne mengirim umpan terobosan pada Phil Foden di halfspace kanan. Ia akhirnya tinggal berhadapan dengan Onana. Tapi bola sepakannya masih bisa diblok kiper Kamerun tersebut!

Peluang Emas Haaland

Menit ke-22 peluang emas didapat United. Bruno Fernandes mengirim umpan diagonal dari flank kiri ke halfspace kanan. Bola jatuh tepat di jalur lari Marcus Rashford. Sayangnya Rashford gagal menendang bola tersebut. Peluang emas pun sirna.

Menit ke-31 peluang mendadak didapat Haaland. Ia bisa menanduk bola di tengah kotak penalti setelah bek MU gagal menghalau bola dengan sempurna. Sayang bola masih melambung dari sasaran.

Pada menit ke-33, peluang emas didapat lagi oleh City. Rodri melepas tembakan voli memanfaatkan bola sapuan bek MU di kotak penalti. Bola yang mengarah ke sisi kiri bawah gawang dengan brilian bisa ditepis oleh Onana.

Menit ke-44 peluang emas didapat City. Foden menanduk bola diagolan dari Rodri di halfspace kiri. Bola diarahkan pada Haaland di tengah kotak penalti. Ia tinggal mendorong bola ke gawang yang sudah kosong tapi bola sontekannya malah melambung dari sasaran. Wow! Pada akhirnya tak ada gol tambahan tercipta di 45 menit pertama. Manchester City 0-1 Manchester United.

Babak Kedua

Di babak kedua, Manchester City langsung ngegas. Mereka berusaha menekan pertahanan Manchester United. Tapi tentu saja tak mudah bagi City untuk menekan pertahanan United. Apalagi Man United ternyata tak bermain bertahan dan berani menekan balik sang tuan rumah.

Pada menit ke-49 City menyerang dari kiri. Doku tampaknya coba menendang bola tapi bisa dihalangi bek MU. Bola ternyata masih mengarah ke Foden di tiang jauh. Untungnya Onana dengan sigap bisa membelokkan arah bola.

Tapi pada akhirnya, menit ke-55, City bisa menyamakan skor. Foden menjebol gawang Onana dengan tendangan keras kaki kiri dari luar kotak penalti. Bola mengarah ke pojok kanan atas gawang United. 1-1!

Duel kemudian berlangsung alot. Walker kemudian coba memecah kebuntuan dengan melepas tembakan dari luar kotak penalti pada menit ke-70. Namun Onana dengan mudah menetralkan ancaman itu.

Menit ke-78, Garnacho lolos dari jebakan offside dan mengejar bola di kotak penalti. Namun ia dijegal oleh Ederson. Dari pemeriksaan VAR, wasit akhirnya tak memberikan penalti pada MU karena kaki kiper Brasil itu lebih dahulu menyapu bola.

Gol Kedua Foden Plus Haaland

Pada menit ke-80, City akhirnya menetak gol keduanya. Alvarez bekerjasama dengan Foden dan membuat pemain Inggris itu bisa masuk ke kotak penalti di halfspace kiri. Foden kemudian melepas tembakan keras kaki kiri mendatar ke tiang jauh tanpa bisa dibendung Onana. 2-1!

Pada menit 90+1, Amrabat melakukan error. Bola bisa direbut dari kakinya dan dari situ, Haaland bisa menjebol gawang Onana dengan tendangan kaki kiri ke sisi kanan bawah gawang. 3-1. (*/bola)

Susunan Pemain

Manchester City: Ederson; Kyle Walker, Ruben Dias, Nathan Ake, Rodri, John Stones, Bernardo Silva, Kevin De Bruyne, Phil Foden, Jeremy Doku, Erling Haaland

Pelatih: Josep Guardiola

Manchester United: Andre Onana; Diogo Dalot, Raphael Varane, Jonny Evans, Victor Lindelof, Casemiro, Alejandro Garnacho, Scott McTominay, Kobbie Mainoo, Bruno Fernandes, Marcus Rashford

Pelatih: Erik Ten Hag

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER