Jumat, Juli 19, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Menteri PPPA Dorong Desa/Kelurahan Di Ramah Perempuan dan Peduli Anak

BADUNG – Menteri PPPA Bintang Darmawati meluncurkan Desa/Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak Kabupaten Badung, Selasa (29/8/2023), di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung.

“Dengan launching Program Desa/Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak, yang dihadiri ribuan elemen masyarakat yang ada di Badung. Dimana, program ini merupakan konsep yang dibuat Kementerian PPPA untuk menjawab PR terkait perempuan dan anak yang harus diselesaikan bersama,” kata Menteri PPPA, dalam sambutannya dihadapan 3.200 peserta lainnya yang terdiri atas seluruh elemen masyarakat Badung.

Karena menurut Menteri Bintang urusan pemberdayaan perempuan dan pemenuhan hak anak, perlindungan anak adalah gerakan bersama yang membutuhkan sinergi kolaborasi di semua lintas stakeholder yang ada, baik pemerintah pusat sampai pemerintah daerah demikian juga dunia usaha akademisi kemudian lembaga masyarakat tokoh adat tokoh agama, termasuk peran media dikatakan menjadi penting dalam pemenuhan hak dan perlindungan kepada perempuan dan anak di Indonesia.

“Hari ini kami cukup berbangga karena launching model desa ramah perempuan dan peduli anak di Kabupaten Badung dan kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya, tadi Bapak Bupati sempat menyampaikan komitmennya bagaimana model ini setelah terwujud menjadi model ramah perempuan dan peduli anak, itu akan direplikasi di desa/kelurahan lain yang ada di Kabupaten Badung untuk mempercepat terwujudnya perempuan berdaya anak terlindungi di kabupaten Badung yang tercinta ini,” ungkap Menteri Bintang Darmawati.

Sementara itu, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menegaskan pemerintah berkomitmen penuh melaksanakan program Desa/Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), karena program ini merupakan program yang amat sangat bagus untuk direplikasi di setiap Desa/Kelurahan di Kabupaten Badung.

“Bahkan kita sudah terapkan di beberapa Desa/Kelurahan menjadi Desa/Kelurahan yang ramah perempuan dan peduli anak. Ini memberikan sebuah motivasi bagaimana kita bisa betul-betul memperhatikan dan memberikan keleluasaan kesetaraan gender pada kaum perempuan, begitu juga perlindungan pada anak. Kita juga sudah memberikan fasilitas umum yang ramah anak, seperti di kantor desa ada ruang anak, begitu juga di ruang hijau kabupaten maupun di ruang hijau desa kita berikan fasilitas untuk anak-anak,” ujar Bupati Badung Nyoman Giri Prasta.

Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada Kementerian PPPA yang telah menyediakan Call Center pengaduan, jadi ketika masyarakat melihat tindak kekerasan, perundungan di sekitar lingkungannya, masyarakat bisa melapor ke Call Center agar bisa segera di tangani oleh pihak terkait.

“Kita juga sudah memiliki fasilitator, ini semua wujud proteksi negara yang dipimpin oleh Bapak Presiden Joko Widodo untuk menjadi Indonesia maju, melalui Kementerian/Lembaga dan kita akan meneruskan di Kabupaten Badung, kami pastikan tahun 2024 Badung siap semua untuk menjadi Desa/Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli  Anak,” tegas Giri Prasta.(WIR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER