Sabtu, Juli 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pelanggan Gratis, PLN Siap Digitalisasi 555.970 kWh Meter Se-Bali

DENPASAR – PT PLN (Persero) segera melaksanakan program digitalisasi kWh meter pelanggan, dengan mengganti kWh meter analog yang ada di pelanggan dengan Smart Meter Advance Metering Infrastructure (AMI).

Sejumlah 555.970 kWh meter se-Bali akan diganti secara bertahap dari Juni hingga Desember 2023. “Program ini gratis dan pelanggan tidak dikenakan biaya apapun,” kata Manager Efisiensi, Pengukuran dan Mutu Sistem Distribusi PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali, I Nyoman Jendra, Kamis (1/6/2023).

Dia menjelaskan, digitalisasi kWh meter ini memanfaatkan berbagai teknologi komunikasi untuk mengukur, mencatat dan memonitor pemakaian energi listrik di meter pelanggan secara real time, serta mempercepat layanan gangguan.

Dengan menggunakan kWh meter digital atau smart meter ini pencatatan penggunaan listrik di sisi pelanggan makin akurat dan mengurangi risiko kesalahan catat stand angka meter.

“Pada tahun 2023 ini akan ada pembaharuan dari meter manual ke meter yang digital atau smart meter yang tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan PLN kepada pelanggan,” katanya.

Dia menjelaskan penggantian ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi pelanggan.

Demi menyukseskan program ini, PLN akan menerjunkan tak kurang dari 850 hingga 1.000 petugas.

Ia berharap, program ini tidak ada hambatan sehingga dapat rampung pada Desember 2023 mendatang, tentu dengan dukungan dan keterlibatan dari seluruh pihak termasuk rekan-rekan media.

Manager Komunikasi & TJSL PT PLN (Persero) UID Bali, I Made Arya menyebutkan sesuai dengan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) kWh meter yang terpasang merupakan milik PLN, oleh karenanya PLN berhak dan wajib melakukan pemeliharaan sehingga pelanggan diharapkan dapat bekerja sama untuk menyukseskan program ini.

“Selalu ada oknum yang berusaha mencari keuntungan pribadi sehingga kepada masyarakat agar lebih waspada kepada pihak – pihak yang ingin memanfaatkan program ini dengan meminta sejumlah uang, karena program ini tidak dipungut biaya apapun alias gratis,” imbuhnya.

Terakhir Arya menyampaikan bahwa petugas-petugas PLN yang turun ke lapangan yang melakukan penggantian meter akan dilengkapi dengan surat tugas dan identitas diri, jika pelanggan masih merasa ragu dapat menanyakan dan memastikannya, karena sesuai SOP petugas akan menunjukkan surat tugas dan identitas diri .(WIR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER