Senin, Mei 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab Tabanan Menggelar Panen Raya Padi Jaga Ketersediaan Pangan

TABANAN – Pemerintah Kabupaten Tabanan bersama Pemerintah Provinsi Bali menggelar panen raya padi di Subak Gadon I, Desa Pandak Gede, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan untuk menjaga ketersediaan pangan khususnya beras.

Penjabat Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya di Tabanan, Jumat mengatakan panen raya menjadi bukti kerja keras, dedikasi dan kerja sama yang luar biasa dari anggota kelompok tani untuk mendorong dan sekaligus memberi semangat kepada petani lainnya untuk terus lebih giat menanam padi guna memenuhi kebutuhan pangan.

“Panen raya ini diharapkan mampu mengendalikan inflasi terhadap salah satu komoditas bahan pangan, khususnya beras di tengah masyarakat,” kata Mahendra Jaya.

Adapun varietas padi yang dipanen yakni jenis inpari nutri zinc, yang memiliki kandungan unsur Zn (Zinc) lebih tinggi dari pada varietas beras lainnya dengan luas sawah sekitar 143 hektare serta hasilnya sebanyak 10 ton per hektare.

Dengan unsur Zinc yang lebih tinggi, dimana zat ini merupakan unsur vital untuk pertumbuhan dan perkembangan organ reproduksi, serta sangat berpengaruh terhadap kekuatan sistem imun, meningkatkan daya tahan tubuh, produktivitas dan kualitas hidup manusia, menjadikan varietas ini menjadi beras yang mampu mengatasi permasalahan stunting di Indonesia.

“Panen ini adalah satu upaya dalam mempertahankan ketahanan pangan di Bali, khususnya di Kabupaten Tabanan,” imbuhnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Tabanan, A.A Gede Dalem Trisna Ngurah mengatakan sesuai dengan visi dan misi Tabanan era baru, pemerintah memprioritaskan penguatan sandang, pangan, dan papan.

Dia mengatakan sektor pertanian menjadi sangat penting, sebab pertanian adalah rohnya kabupaten Tabanan yang sangat identik dengan lumbung padi di Provinsi Bali.

“Saya minta kepada seluruh jajaran perangkat daerah yang bersentuhan dengan pertanian dapat secara bersungguh-sungguh mengelola bidang ini dengan sebuah spirit baru yaitu tidak hanya mempertahankan sebuah predikat sebagai lumbung padinya Bali, tetapi juga mampu melangkah lebih jauh, melalui sebuah terobosan dalam mendorong pertanian modern berskala besar,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Tabanan mengapresiasi Pemerintah Provinsi Bali atas fasilitas dan bantuan yang diberikan khususnya dalam sektor pertanian guna meningkatkan produktifitas padi.

“Sinergi ini sangat penting, antara pemerintah Provinsi dan Tabanan dalam menjaga stok pangan, sehingga kedaulatan pangan di Kabupaten Tabanan bisa kita wujudkan bersama,” katanya.

Dirinya berharap dengan harga beras yang stabil, kedepannya kehidupan para petani menjadi lebih terjamin.

Selain itu, melalui gerakan panen padi serentak ini juga bisa meningkatkan giat anggota Subak Gadon I untuk bertani dan menghasilkan produk tani yang melimpah serta memberikan pengaruh positif terhadap kestabilan harga beras di pasaran. (*/ANT/SB)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER