Sabtu, Juli 13, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Perpustakaan Semi Kontainer di Denpasar Tingkatkan Literasi Masyarakat

DENPASAR – Keberadaan perpustakaan semi kontainer yang dilengkapi ratusan ragam buku bacaan, diyakini mendekatkan pelayanan, khususnya akses bacaan serta meningkatkan literasi masyarakat Kota Denpasar.

“Perpustakaan semi kontainer, sebagai salah satu inovasi Pemkot Denpasar untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya anak-anak dalam meningkatkan minat dan budaya membaca buku,” kata Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya, usai meresmikan perpustakaan semi kontainer, di Taman Janggan, Desa Sumerta Kelod, Kecamatan Denpasar Timur, Minggu (3/12/2023).

Keberadaan perpustakaan semi kontainer tersebut, kata dia, diharapkan juga dapat menyasar anak-anak, dengan konsep perpaduan ruang bermain dan tentunya tempat baca yang nyaman.

“Dibangun di Taman Janggan nantinya dapa menjadi tempat alternatif ruang publik yang dekat dan ramah anak dengan pelayanan perpustakaan dan bacaan gratis untuk masyarakat,” pungkas Arya Wibawa.

Bunda Literasi, Sagung Antari menyampaikan, membangun budaya literasi bagi anak-anak sangat penting. Dukungan keluarga, pendidikan yang mendorong minat baca, dan akses ke buku dapat membentuk fondasi kuat untuk kemampuan literasi mereka.

Stimulasi literasi sejak dini dapat meningkatkan keterampilan membaca dan menulis, serta membuka pintu menuju pemahaman dunia yang lebih luas.

“Harapan kita bersama dari peresmian perpustakaan semi kontainer ini dapat meningkatkan akses masyarakat terhadap literasi dan pengetahuan, serta  dapat menjadi pusat pembelajaran dan membantu memperluas wawasan masyarakat,” ujar Antari.

Sementara itu, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar, Dewa Nyoman Sudarsana menyampaikan  perustakaan semi kontainer ini menyediakan 300 buku, dengan Jam buka perpustakaan ini melihat keramaian di kawasan Taman Janggan.

Fasilitas pelayanan di perpustakaan semi kountainer ini  terus kami tingkatkan, mulai dari fasilitas wifi dan nantinya masyarakat juga dapat meminjam buku koleksi yang ada di perpustakaan semi kontainer.

“Keramaian di Taman Janggan yakni setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu, serta kami akan terus melihat animo masyarakat terhadap perpustakaan semi kontainer ini, yang memungkinkan akan dibangun dibeberapa ruang publik di Denpasar,” ujarnya.(WIR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER