Sabtu, Juli 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Puluhan UMKM Unggulan Kota Denpasar Ramaikan Pasar Rakyat

DENPASAR – Pasar Rakyat, bertajuk “Berbelanja Dan Berbagi”, pada Jumat (5/5), melibatkan 52 penggiat IKM/UMKM Kota Denpasar, Bali. Gelaran pasar rakyat ini, diinisiasi oleh Tim Penggerak PKK (TP PKK) Provinsi Bali yang bersinergi dengan TP PKK Kota Denpasar.

Aneka pangan seperti sayuran, bumbu dapur serta olahan makanan matang maupun mentah menjadi komoditas di pasar rakyat ini. Ragam kuliner khas serta produk kerajinan Kota Denpasar dihadirkan di sini. Bahkan salah satu penggiat UMKM merupakan seorang difabel yang turut berkesempatan memasarkan produk dupa miliknya pada kegiatan ini.

“Kota Denpasar merupakan kota berbasis budaya dan kreatifitas. Sehingga, harapan kita, selain bidang pariwisata, sektor UMKM juga bisa menjadi penyeimbang dalam perekonomian,” kata Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara.

Selain di Pasar Rakyat seperti ini, kata dia, Pemkot Denpasar juga kerap memberikan ruang pada UMKM di kegiatan operasi pasar ataupun bazar pangan dan event lainnya, seperti Kesanga Festival dan juga Denpasar Festival

Sementara itu,  Ketua TP PKK Denpasar sekaligus Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Sagung Antari Jaya Negara mengungkapkan gelaran pasar rakyat ini, merupakan bentuk sinergitas TP PKK Provinsi Bali dengan TP PKK Kota Denpasar, yang berbasis aksi sosial dan penguatan perekonomian keluarga.

“Pasar Rakyat yang digagas Putri Suastini Koster selaku Ketua TP PKK Provinsi Bali telah banyak memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk kembali bangkit secara ekonomi. Dengan berbasis aksi sosial dan penguatan ekonomi keluarga, kegiatan ini banyak memberi manfaat bagi masyarakat kami. Untuk itu, terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan pada kami,” ujar Antari Jaya Negara.

Pada kesempatan itu, Antari Jaya Negara juga  mengatakan, dengan semangat gotong royong pihaknya turut pula melibatkan peran OPD terkait agar kegiatan pasar rakyat ini dapat berjalan lancar.

Di lain sisi, Ketua TP PKK Provinsi Bali, Putri Koster menyampaikan bahwasannya aksi sosial PKK yang dikemas dalam bentuk “Pasar Rakyat”, sengaja digagas untuk membantu masyarakat saat masa pandemi Covid 19. Dan hingga kini  pelaksanaanya terus dilakukan secara bergilir di seluruh Kabupaten/kota se Bali.

“Aksi sosial yang dilaksanakan setiap bulannya ini merupakan salah satu bentuk wujud sinergitas antara TP PKK Provinsi Bali dengan TP PKK Kabupaten / Kota se-Bali. Dalam kegiatan ini tidak hanya TP PKK Provinsi yang berbelanja dan berbagi dengan masyarakat tetapi juga TP PKK Kabupaten / Kota juga turut kami libatkan, untuk kemudian hasil belanjaan akan dibagikan kepada masyarakat setempat yang membutuhkan,” jelas Putri Koster.

Dia juga menegaskan, kegiatan ini sengaja diupayakan agar memberi kesempatan bagi seluruh anggota PKK untuk dapat bertatap muka dengan masyarakat serta dengan para pelaku UMKM.

Selain kegiatan pasar rakyat, pada kesempatan itu juga dirangkaikan dengan pembagian paket bantuan berisi sembako bagi 100 orang warga dari 4 kecamatan di Denpasar. Tidak hanya itu, para warga tersebut, juga menerima paket bantuan berupa sayuran yang diberikan oleh Dinas Pertanian Kota Denpasar.(WIR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER