Kamis, Februari 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Safari Kesehatan di Denpasar Tingkat Derajat Kesehatan Masyarakat

DENPASAR – Guna meningkatkan kualitas dan derajat kesehatan masyarakat mulai dari lapisan terbawah, dan memudahkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara rutin.

Dinas Kesehatan Kota Denpasar bersama Yayasan Kemanusian Bali, RSUD Wangaya, Rumah Sakit Ramata dan Puskesmas 2 Denpasar Timur kembali menggelar kegiatan Safari Kesehatan keliling, di Wantilan Pura Pengerebongan Desa Kesiman Petilan, Denpasar Timur, Sabtu (13/5/2023).

“Safari Kesehatan kali ini ada pemeriksaan mata secara umum, obat-obatan gratis, pemberian kacamata minus dan plus sesuai standar gratis, dan bantuan operasi katarak secara gratis, fisioterapi, dan vaksin booster gratis,” kata Kadis Kesehatan Kota Denpasar, dr AA. Ayu Agung Candrawati.

Dia menambahkan, RS Ramata dalam kegiatan ini membantu masyarakat yang mengalami masalah kesehatan mata. Sedangkan Yayasan Kemanusian Bali memberikan pelayanan terkait dengan gangguan fisik seperti stroke, pasca patah tulang, gangguan otot, kelainan postur tubuh, cerebral palsy dan gangguan tubuh kembang pada anak.

Selain memberikan pelayanan kesehatan, kata dia, Safari Kesehatan ini pihaknya juga memberikan sosialisasi tentang kesehatan kepada masyarakat. Dengan harapan masyarakat bisa menjaga kesehatannya dan menjaga pola hidup dan pola makan.

“Untuk operasi matak katarak kami lakukan screening termasuk pemberian kacamata dan pemberian obat-obatan, kemudian jika ditemukan katarak, maka akan dijadwalkan untuk operasi katarak secara gratis,” katanya.

Salah Satu Warga Nyoman Kinil (110 tahun) mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Denpasar karena telah melaksanakan Safari Kesehatan ini, terutama Wali kota yang sudah peduli dengan kesehatan masyarakat terutama lansia seperti saya.

“Dengan safari kesehatan ini masyarakat bisa mengecek kesehatannya tanpa menunggu lama serta tidak perlu pergi ke rumah sakit. Saya harapkan kegiatan ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan,’’ harapnya.

Ditambahkan Walikota Denpasar, IGN. Jaya Negara mengatakan, Safari Kesehatan selain menjadi sarana bagi masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan, juga menjadi wadah edukasi untuk menjaga pola hidup sehat bagi masyarakat. Yang mana, safari kesehatan kali ini juga dirangkaikan dengan peringatan HUT Kota Denpasar yang ke-235 tahun.

‘’Saya harapkan seluruh masyarakat memanfaatkan Safari Kesehatan ini sebagai upaya edukasi tentang pola hidup sehat, seperti Kakek yang berumur 110 ini, beliau masih bisa berjalan, cuma pengelihatan mata sebelah kiri saja yang agak buram karena katarak, masih bisa datang untuk mengecek kesehatanya di safari kesehatan ini.

Tidak sekedar meninjau, dalam Safari Kesehatan tersebut Walikota Jaya Negara juga ikut membantu seorang lansia yakni kakek berumur 110 tahun yang tergolong masih sehat di usia beliau untuk mengecek penglihatan mata. Pada kesempatan tersebut Jaya Negara mengimbau agar masyarakat memanfaatkan Safari kesehatan tersebut.

“Saya sangat salut dan mengapresiasi. Untuk itu Pemkot Denpasar terus memprogramkan kegiatan ini secara rutin guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” kata Jaya Negara.

Menurutnya, dalam Safari Kesehatan ini berbagai pelayanan kesehatan di berikan mulai dari pengobatan penyakit menular hingga tidak menular sampai operasi mata katarak.

Selain itu, pelayanan kesehatan kepada masyarakat juga mendapat penyuluhan tentang kesehatan. Dengan demikian masyarakat secara tidak langsung bisa menjaga kesehatannya.(WIR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER