Sabtu, Mei 18, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

SAR Bali Pantau Arus Penyebrangan Pelabuhan Gilimanuk

BALI – Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas) Bali, I Nyoman Sidakarya, melakukan pemantauan penyebrangan di Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana Bali pada Kamis (28/12/2023).

Pemantauan ini dilaksanakan guna meningkatkan kesiapsiagaan SAR Khusus Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang telah berlangsung sejak 18 Desember hingga 7 Januari 2024.

“Siaga SAR Khusus ini kami fokuskan kepada para pengguna moda transportasi baik itu darat dan laut yang akan menuju ke Pulau Bali, dengan meningkatnya moda transportasi jelang libur tahun baru ini tentunya meningkatkan adanya resiko kerawanan bagi para pengguna moda transportasi itu, maka dari itu kita memastikan koordinasi dan kesiapan alut serta personil dalam kondisi siap” ujar Nyoman Sidakarya.

Ditambahkannya, situasi penyebrangan pagi ini terpantau ramai lancar, tidak ada antrean baik itu dari Pelabuhan Gilimanuk Bali maupun Pelabuhan Ketapang Banyuwangi.

“Secara umum penyebrangan berjalan normal dan lancar hampir tidak ada kemacetan, kondisi cuaca juga baik. Harapannya tidak terjadi lonjakan yang signifikan jelang pergantian malam tahun baru,” imbuhnya.

Dalam pelaksanaan Siaga SAR Khusus ini Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar menyiagakan delapan orang personel di Posko Siaga SAR Pelabuhan Gilimanuk dan satu unit Rigid Inflatable Boat (RIB).

Dalam kegiatan itu, jug didukung satu unit Kapal Negara (KN) SAR Permadi dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya. Dan, Basarnas Bali telah berkoordinasi dengan ASDP Gilimanuk untuk pengoperasian peralatan teknologi drone secara berkala yang dapat digunakan untuk memantau penyebrangan di Pelabuhan Gilimanuk-Ketapang selama Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru 2024.

“Semoga semua berjalan dengan aman agar masyarakat dapat menikmati libur tahun baru di Pulau Bali dengan nyaman,”¬†katanya.(WIR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER