Jumat, Juli 19, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Subak Panjer di Denpasar Panen Bawang Merah

DENPASAR – Kelompok Tani (Subak) Panjer, Kelurahan Panjer, Denpasar, Bali, melaksanakan panen Bawang Merah, Selasa (5/9/2023), yang diharapkan dapat mengendalikan inflasi. “Panen bawang merah di Subak Panjer ini dilaksanakan setelah 3 bulan penanaman,” kata Kadis Pertanian AA Gde Bayu Brahmasta saat dikonfirmasi.

Dia menjelaskan, pelaksanaan panen bawa merah ini merupakan upaya berkelanjutan dalam mendukung pengendalian inflasi, khususnya di wilayah Kelurahan Panjer. Dimana, pelaksanaan panen ini menghasilkan umbian sebesar 19,69 kg. Sedangkan produktivitas sebesar 31,5 ton/ha untuk umbi basah dengan daun.

Lebih lanjut dijelaskan, selain menjadi terobosan dalam pengendalian inflasi, panen bawang merah kali ini juga untuk mendukung fungsi subak selain untuk menjaga kearifan lokal, subak juga berperan penting bagi kesejahteraan petani dan masyarakat.

“Selain menjaga kearifan lokal, subak juga berfungsi untuk mensejahterakan para petani dan juga masyarakat,” ungkapnya.

Gung Bayu berharap, kedepannya masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani terus berinovasi dalam mendukung peningkatan kualitas dan kuantitas hasil panen. Hal ini untuk mendukung kebutuhan masyarakat dalam rangka pengendalian inflasi berkelanjutan.

“Ke depan kami berharap masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani terus semangat dalam mendukung kualitas dan kuantitas panen, sehingga mampu mendukung pengendalian inflasi berkelanjutan,”¬†ujarnya.(WIR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER