Rabu, Mei 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Transaksi Ekonomi Saat Denfest 2023 Tembus Rp4,9 Miliar

DENPASAR – Dampak Gelaran Denpasar Festival (Denfest) ke-16, selama empat hari (22-25 Desember 2023), di Kota Denpasar memberikan geliat pertumbuhan ekonomi masyarakat. Karena, tercatat adanya transaksi belanja Rp4.908.028.000 atau Rp4,9 miliar lebih.

“Jumlah ini meningkat dibanding dengan Denfest tahun sebelumnya yang berada di kisaran Rp3,4 miliar. Jumlah ini terdiri atas Rp2.646.158.400 dari kuliner dan sebanyak Rp. 2.261.869.600 dari kriya,” kata Kadis Pariwisata Kota Denpasar, Luh Putu Ryastiti saat dikonfirmasi Rabu (27/12/2023).

Dia menjelaskan bahwa, Denfest tahun 2023 yang bertemakan Jayastambha ini memberikan trend positif bagi pertumbuhan ekonomi di Kota Denpasar. Adapun omset transaksi yang tercatat merupakan aktivitas jual beli yang dilaksanakan dibeberapa zona yakni zona kuliner heritage di Kawasan Jalan Gajah Mada, zona kerjinan dan fashion di Kawasan Jalan Veteran, zona kuliner fushion di Lapangan Puputan I Gusti Ngurah Made Agung, serta zona WMD, BI dan HIPMI.

“Seperti yang kita lihat bahwa animo masyarakat untuk mengunjungi Denfest sangat tinggi, Astungkara jumlah transaksi tahun 2023 meningkat dari tahun lalu, yakni di angka Rp4,9 miliar lebih,” jelasnya.

Lebih lanjut Ryastiti mengatakan, jumlah transaksi ini tak lepas dari meningkatnya jumlah pengunjung yang mencapai kurang lebih 58 ribu lebih pengunjung selama empat hari. Hal ini lantaran pelaksanaan Denfest tahun 2023 bertepatan dengan libur sekolah dan masih berada dalam rangkaian suasana Hari Natal dan Tahun Baru. Kendati demikian, cuaca yang mendukung juga mempengaruhi jumlah transaksi dan kunjungan.

“Momentumnya kebetulan berdekatan dengan hari besar, cuacanya juga mendukung, sehingga animo masyarakat untuk berbelanja menjadi meningkat, baik untuk oleh-oleh ataupun akan digunakan sendiri untuk hari raya,” pungkasnya.

Ryastiti mengatakan, tenun endek dan kuliner menjadi produk yang paling diminati di Denfest tahun 2023. Hal ini lantaran endek merupakan kerajinan khas Bali yang menjadi ikon Kota Denpasar. Sedangkan stand kuliner menjadi primadona lantaran menyediakan produk olahan tradisional yang beragam dan memiliki citarasa yang khas.

“Kami berterimakasih kepada semua pihak yang senantiasa mendukung pelaksanaan Denfest yang dapat memberikan ruang promosi, penguatan ekonomi dan edukasi serta wahana rekreasi akhir tahun bagi masyarakat Kota Denpasar,” ucapnya.

Untuk diketahui bahwa Denfest Tahun 2023 ini melibatkan sebanyak 178 UMKM. Dimana jumlah tersebut terdiri atas 89 Kuliner dan 89 UMKM/IKM Kriya. Selain itu, Denfest tahun ini juga menghadirkan wahana hiburan musik dan budaya dengan melibatkan sedikitnya 2.561 pengisi acara yang berlangsung selama empat hari.(WIR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER