Jumat, Juli 19, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

33 Nama Komisioner Lolos Bawaslu di Bali, Sebagian Besar Wajah Baru

DENPASAR – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, resmi mengumumkan nama-nama komisioner Bawaslu Kabupaten/Kota se-Bali, pada Sabtu (19/8/2023).

Hal itu terungkap dalam surat bernomor 2573.1/KP.01.00/K1/08/2023 tentang Pengumuman Calon Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten/Kota Terpilih untuk masa jabatan 2023-2028, yang ditandatangani Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja.

“Iya benar dari 33 nama yang lolos untuk Bawaslu di 9 Kabupaten/Kota di Bali, sebagian besar diisi wajah baru,” katabKetua Bawaslu Provinsi Bali Putu Agus Tirta Suguna, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (19/8/2023).

Dia menyatakan, segala kewenangan terkait nama-nama yang lolos itu merupakan penetapan dari Bawaslu RI. Menurut Agus Tirta, kesemua nama-nama yang lolos, telah berada di Jakarta hari ini, Sabtu (19/8/2023) untuk mengikuti pelantikan pukul 19.00 Wib di Hotel Pullman.

“Nantinya setelah dilantik akan dilanjutkan pembekalan serta arahan langsung dari Bawaslu RI dan Minggu (20/8/2023) esok, mereka semua akan kembali ke daerah masing-masing untuk langsung bertugas sembari menunggu surat lebih lanjut terkait pelatihan-pelatihan di daerah,” tutur Agus Tirta yang tengah berada di Jakarta bersama Anggota Bawaslu Bali Kordiv SDM dan Organisasi, Nyoman Gede Putra Wiratma.

Dari nama-nama terungkap untuk Bawaslu Kabupaten Badung, tiga orang komisioner terpilih kesemuanya akan diisi oleh anggota baru. Menariknya dari tiga nama itu, ada satu wajah baru yang akan menjadi pengawas Pemilu di kabupaten terkaya Pulau Dewata ini, yaitu mantan Ketua KPU Badung, I Wayan “Kayun” Semara Cipta. Sedangkan dua nama lainnya yaitu I Putu Hery Indrawan merupakan Anggota Panwas Kecamatan Petang, dan satu wajah baru lagi yakni Rachmat Tamara.

Kayun pun membenarkan namanya telah lolos dan kini tengah berada di Jakarta untuk mengikuti pelantikan.

“Wah nanti ditunggu abis pelantikan dulu ya, baru saya berani bicara,” ujarnya.

Selain itu, dari ibukota provinsi yang merupakan barometer perpolitikan Bali, yakni Bawaslu Kota Denpasar, hampir kesemuanya juga wajah baru. Dari lima nama terpilih, cuma satu orang yang berstatus incumbent, yaitu Dewa Ayu Agung Manik Oktarini.

Sedangkan empat nama lainnya merupakan pendatang baru, yaitu I Gusti Ngurah Agung Panji Kelakan, I Putu Hardy Sarjana (Panwascam Denpasar Timur), Ni Wayan Eka Lestari (Panwascam Denpasar Utara), dan Suyanto. (dre)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER