Senin, Mei 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Apple Antusias Terlibat dalam Pengembangan Smart City di IKN

JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan Chief Executive Officer (CEO) Apple Tim Cook menyambut dengan antusias permintaan dari Presiden Joko Widodo untuk perusahaannya bisa terlibat dalam pengembangan smart city di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Mister Tim Cook sangat antusias menyambut permintaan itu, karena itu cocok juga dengan perusahaannya terkait smart city,” kata Budi di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat seperti dilansir dari Antara, Rabu (17/4/2024) .

Budi mengatakan selama berdiskusi dengan Presiden Joko Widodo, CEO perusahaan raksasa teknologi itu menilai Indonesia sebagai negara yang memiliki potensi pengembangan yang besar karena memiliki budaya sangat beragam.

Maka dari itu Tim Cook memastikan bahwa Apple bakal tetap hadir di Indonesia tidak hanya menghadirkan produk-produknya tapi juga ikut mengembangkan potensi SDM-nya.

Membahas keterlibatan pengembangan IKN, karena dirancang menjadi kota dengan sistem dan tata kelola kota cerdas paling baik maka tidak heran Apple semangat untuk ikut terlibat dalam pengembangannya.

“Tim Cook itu sangat senang datang ke Indonesia. Dia melihat Indonesia potensinya luar biasa besar, negara dengan keberagaman luar biasa, dan untuk itu Apple berkomitmen untuk terus hadir dan ada di Indonesia,” kata Budi.

Sebenarnya membahas sisi investasi, Apple sudah berinvestasi di Indonesia senilai Rp1.2 triliun untuk mendukung program pengembangan talenta digital yang dikenal sebagai Apple Developer Academy.

Investasi itu diberikan lewat fasilitas pelatihan untuk para ahli teknologi di tiga fasilitas Apple Academy yang sudah eksis di BSD, Kabupaten Tangerang dan di Universitas Ciputra Surabaya, serta Nongsa Digital Park di Kota Batam.

Terbaru diketahui Apple bakal menghadirkan fasilitas serupa yang baru di Bali dan akan menjadi akademi ke-4 di Indonesia.

Harapannya investasi tersebut dapat bertambah dengan pendirian pabrik untuk komponen produk yang telah didorong oleh Presiden Joko Widodo dalam pertemuan yang sama sehingga dapat memberikan nilai tambah lainnya bagi Indonesia. (Ant/SB)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER