Minggu, Mei 19, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bali United Tekuk PSM Makassar 3-2

GIANYAR  – Tim tuan rumah Bali United menekuk tim tamu PSM Makassar dengan skor 3-2 pada pekan kedelapan Liga 1 Indonesia 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Bali, Jumat.

Dengan hasil tersebut Bali United menambah tiga poin sehingga mengoleksi total 14 poin sekaligus bertengger di posisi pertama klasemen sementara Liga 1 Indonesia. Sedangkan PSM Makassar menghuni posisi kedelapan dengan 11 poin.

Sejak pertandingan bergulir, kedua tim yang tampil saling ngotot mampu membuat 3.304 penonton di Stadion Dipta menjadi riuh.

Tim tamu PSM Makassar terlebih dulu unggul setelah penyerang sayap kiri Rizky Eka Pratama langsung mampu mengeksekusi peluang menjadi gol pada menit keempat.

Serdadu Tridatu yang mendapat dukungan penuh dari suporter tuan rumah akhirnya dapat menyamakan kedudukan berkat sepakan penyerang sayap kanan Privat Mbarga pada menit ke-12.

Setelah kedudukan imbang, tim dengan julukan Juku Eja itu berusaha untuk kembali unggul di antaranya melalui tendangan langsung sang kapten Willem Pluim namun bola melambung tinggi di atas gawang Bali United.

Memasuki menit ke-30, tim asuhan Bernardo Tavares harus rela kehilangan satu pemainnya Safrudin Tahar setelah diganjar kartu merah oleh wasit Aidil Azmi karena sepakannya mengenai badan Novri Setiawan.

Meski hanya bermain 10 orang, PSM bukannya ciut namun justru semakin tajam menyerang tim asuhan Stefano Cugurra itu sehingga membuahkan gol pada menit ke-41 yang dicetak penyerang sayap kiri Yance Sayuri.

Gol tersebut dipicu pelanggaran yang berujung kartu kuning untuk kapten Bali United Ricky Fajrin. Tendangan langsung pemain bernomor punggung 23 itu pun tidak bisa ditepis kiper Adilson Maringga.

Keunggulan Willem Pluim dan kawan-kawan bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Coach Teco berusaha menambah tenaga dengan menarik Made Andhika dan Mohammed Rashid digantikan Rahmat dan Ilija Spasojevic.

Bali United berusaha mengejar ketertinggalan namun beberapa kali peluang gol justru tak bisa diraih di antaranya sepakan lemah Privat Mbarga yang ditepis dengan mudah oleh kiper Reza Arya.

Ilija Spasojevic akhirnya menyamakan kedudukan 2-2 setelah berhasil menyundul bola ke gawang lawan dari umpan sepakan pojok gelandang Bali United Eber Bessa pada menit ke-74.

Tim tuan rumah kembali menarik tiga pemainnya sekaligus untuk menambah amunisi baru yakni Kadek Arel, Ricky Fajrin, dan Eber Bessa digantikan oleh Ardi Idrus, Haudi Abdillah, dan Fadil.

Amunisi segar itu berhasil membuat Bali United berbalik unggul 3-2 setelah Ilija Spasojevic kembali menyundul bola ke gawang lawan usai mendapat umpan tendangan pojok Rahmat pada menit ke-85.

Mendekati menit-menit terakhir, Bernardo Tavares juga menarik tiga pemainnya sekaligus yakni Kenzo, Dzaki Asraf, dan Rizki Eka Pratama digantikan oleh Rizky Pellu, Rasyid Bakri, dan Andy Harjito.

Namun, upaya PSM itu belum membuahkan hasil karena tim tuan rumah berbalik menekan permainan tim tamu.

Hingga tambahan waktu tujuh menit, pertandingan sengit kedua tim tersebut berakhir dengan kemenangan untuk tuan rumah. (ant/sb)

Susunan pemain:

Bali United: Adilson Maringga, Elias Dolah, Sidik Saimima, Eber Bessa, Novri Setiawan, Ricky Fajrin, Andhika Pradana, Privat Mbarga, Kadek Arel, Mohammed Rashid, Jefferson Assis.

Pelatih Kepala: Stefano Cugurra

PSM Makassar: Reza Arya, Yuran Fernandes, Dzaki Asraf, Adilson Silva, Yakob Sayuri, Yance Sayuri, Rizky Eka Pratama, Safrudin Tahar, Kenzo Nambu, Akbar Tanjung, Willem Jan Pluim.

Pelatih Kepala: Bernardo Tavares

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER