Sabtu, Juni 15, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bupati Tabanan Inginkan Kontes Ikan Berdampak Perekonomian Warga

TABANAN– Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya menginginkan penyelenggaraan kontes ikan dalam ‘Tabanan Channa Contest’ berdampak pada peningkatan perekonomian warga di daerah itu.

Di Tabanan, Bali, Jumat, Gede Sanjaya mengatakan, kegiatan kreatif dalam memeriahkan serangkaian HUT ke-530 Kota Tabanan itu tidak hanya memberikan hiburan bagi masyarakat, tetapi juga mampu memberikan dampak positif bagi daerah dari sisi ekonomi, sosial maupun dari promosi daerah.

“Berbicara mengenai ikan channa, maka perlu saya sampaikan bahwa ini tidak lagi hanya menyangkut hobi semata, tetapi juga menyangkut gengsi dan nilai ekonomi yang tidak kecil,” katanya.

Bupati berharap kepada pecinta ikan channa khususnya yang berada di Kabupaten Tabanan, dapat melihat sisi itu lebih jauh sehingga, nantinya Kabupaten Tabanan dapat tumbuh menjadi salah satu sentra pengembangan ikan channa, sebagaimana yang dilakukan juga oleh komunitas Ikan Channa Bali.

Karena itu, dirinya meminta Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan untuk mulai berani melakukan hal-hal luar biasa, keluar dari nilai-nilai lama, sehingga potensi perikanan di Kabupaten Tabanan dapat digarap secara maksimal untuk mewujudkan Tabanan era baru yang aman, unggul dan madani (AUM).

Pada kesempatan itu, Bupati mwnutup rangkaian perlobaan atau kontes ikan Channa dan menyampaikan selamat kepada para pemenang lomba.

“Menyambut serangkaian perayaan HUT Kota Tabanan yang ke-530, saya mengucapkan selamat kepada kita semua yang telah mampu menyelenggarakan event ini dengan baik, sudah tentu kita berharap, hal-hal baik ini akan selalu dapat kita pertahankan untuk penyelenggaraan event di tahun-tahun berikutnya,” kata Bupati Tabanan Gede Sanjaya.

Sementara Ketua Panitia Lomba I Komang Agus Widi Sastrawan mengucapkan terima kasih atas dukungan yang terus diberikan Pemerintah Kabupaten Tabanan terhadap terselenggaranya acara ini.

“Tujuan digelarnya acara ini, untuk mempererat ikatan persaudaraan sesama pecinta ikan hias channa atau ikan gabus. memperkenalkan ikan gabus atau channa asli Tabanan yang tersebar di beberapa wilayah Tabanan yaitu, Penebel, Baturiti, Marga dan Pupuan, serta memperkenalkan kepada masyarakat, bahwa ikan lokal sudah dapat dipelihara di aquarium sebagai ikan hias,”ujar Komang Agus.

Adapun yang dilombakan, yakni ikan jenis gabus atau channa dengan spesifikasi channa maru yellow, channa maru yellow beginer, maru red, channa maru red beginner, channa limbata , channa pulchra, channa auranti dan channa andrao. Perlombaan ini diikuti oleh 143 peserta dari Bali , Jawa di Malang dan Jember. (ant/sb)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER